tutorial cover

Cara Downgrade iOS 13 Ke iOS 12 Yang Aman Dan Mudah

Cara Downgrade iOS 13 Ke iOS 12 – iOS 13 hadir dengan fitur-fitur baru yang keren selain perbaikan bug dan peningkatan sistem keamanan.

Tetapi, tentu saja tidak semua pengguna iPhone menyukai perubahan ini. Beberapa mungkin ada yang sudah terbiasa dan lebih nyaman menggunakan iOS 12.

Sebagian lagi mungkin justru menemukan masalah-masalah pada iPhone mereka setelah di upgrade. Dan sebagainya.

Kalau kamu salah satu dari mereka dan ingin tahu cara downgrade iOS 13 ke iOS 12, kamu bisa mencoba salah satu metode berikut.

Sebelum Downgrade iOS 13 Ke iOS 12

Jangan Lupa Backup Data Sebelum Downgrade iOS

Proses downgrade ini kemungkinan besar akan menghapus beberapa atau seluruh data di iPhone kamu.

Oleh karena itu, pastikan kamu mem-backup data terlebih dahulu sebelum memulai proses ini.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mem-backup data iPhone, diantaranya dengan iCloud, iTunes, dan sebagainya.

Backup Data Dengan iCloud

Backup Data Dengan iCloud

Hampir semua jenis data dan settings dari iPhone dan iPad bisa kamu simpan di iCloud.

Metode ini cukup sederhana karena tidak perlu menghubungkan perangkat kamu ke komputer.

Tetapi, sangat penting untuk memastikan koneksi WiFi yang akan kamu gunakan untuk backup cukup stabil agar proses berjalan dengan lancar.

Pastikan juga kamu memiliki kapasitas iCloud yang cukup.
Sebagai informasi, Apple hanya memberikan ruang penyimpanan iCloud sebesar 5GB secara gratis.

Ukuran yang kecil terutama jika jumlah foto di iPhone kamu cukup banyak. Tetapi jangan khawatir, karena Apple juga menawarkan paket penyimpan iCloud hingga 2TB dengan harga bervariasi.

Langkah-langkah Backup data iPhone ke iCloud:

  1. Hubungkan iPhone kamu ke jaringan WiFi yang paling stabil.
  2. Buka Settings dan pilih nama kamu yang terdapat di bagian paling atas halaman Settings iPhone.
  3. Di halaman selanjutnya, pilih iCloud dan scroll ke bawah sampai kamu menemukan iCloud Backup, lalu ketuk bagian itu.
  4. Di halaman Backup, pastikan tombol di samping iCloud Backup berwarna hijau. Jika masih berwarna abu, ketuklah sekali hingga berubah warna.
  5. Ketuk bagian Backup Now dan tunggu sampai proses backup selesai.

Backup Data Dengan iTunes

Kamu tidak perlu berlangganan paket penyimpanan iCloud yang ditawarkan Apple jika kamu ingin mem-backup data melalui iTunes.

Yang harus kamu persiapkan adalah sebuah komputer dengan iTunes versi terbaru terinstall di dalamnya dan kabel USB.

Sebelum mulai, cek apakah memori komputer kamu cukup besar untuk menyimpan data iPhone.

1. Hubungkan iPhone ke komputer dengan menggunakan kabel USB.

2. Bagi pengguna Windows PC dan Mac dengan mac OS Mojave atau versi yang lebih lama, buka iTunes. Sedangkan jika kamu menggunakan komputer Mac dengan mac OS Catalina, kamu bisa membuka Finder.

3. Ketuk nama iPhone kamu dan pilih tombol Backup Now yang terdapat di kotak sebelah kanan.

4. Tunggu hingga process backup selesai.

Cara Downgrade ios 13 ke ios 12

Cara Downgrade ios 13 ke ios 12

Meskipun upgrade Software bisa mengatasi beberapa masalah iPhone, terkadang justru sebaliknya.

Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan baterai iPhone mereka menjadi cepat habis setelah upgrade, iPhone menjadi cepat panas, dan sebagainya.

Buat kamu yang terlanjur mengupgrade iOS ke versi terbaru tetapi kemudian menyesal dan bertanya-tanya apakah ada cara untuk mengembalikan iOS versi lama ke iPhone kamu? Jawabannya, bisa.

Cara Downgrade iOS 13 Ke iOS 12 Dengan Recovery Mode

Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone

Untuk masuk mode Recovery, kamu memerlukan bantuan komputer, baik itu Mac maupun Windows PC dan sebuah kabel USB iPhone.

Cek apakah PC yang akan digunakan sudah terpasang iTunes dengan versi paling baru.

Apabila belum, disarankan untuk meng-updatenya terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah untuk masuk ke Recovery Mode iPhone berikut ini.

Langkah 1: Pastikan iPhone dalam keadaan off.

Langkah 2: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke komputer.

Langkah 3: Cara masuk ke recovery mode untuk berbagai model iPhone

  • iPhone dengan menggunakan Face ID: tahan tombol samping iPhone sampai ikon recovery mode muncul di layar iPhone kamu.
  • iPhone 8 keatas: Tekan dan lepaskan segera tombol volume atas. Lakukan hal yang sama pada tombol volume bawah. Sekarang, tahan tombol samping hingga kamu bisa melihat ikon recovery mode di layar iPhone.
  • iPhone 7 dan 7 Plus: tekan dan tahan tombol samping dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai layar recovery mode muncul.
  • iPhone 6s kebawah: tekan dan tahan tombol samping dan tombol Home secara bersamaan hingga layar iPhone berubah ke recovery mode.

Setelah iPhone kamu berhasil masuk ke recovery mode, ikuti langkah-langkah berikutnya..

Cara Downgrade iOS 13 ke iOS 12 Dengan iTunes

  • Langkah 1: Buka iTunes. Biasanya jika kamu sudah pernah menghubungkan iPhone kamu ke PC yang sekarang kamu gunakan, iTunes akan secara otomatis terbuka. Jika tidak, kamu harus membukanya secara manual.
  • Langkah 2: Pada layar iTunes di komputer kamu akan muncul jendela kecil yang terdapat dua tombol, yaitu: Restore dan Update. Pilih tombol Restore. Lalu, klik tombol Restore and Update untuk mengkonfirmasi.
  • Langkah 3: Selanjutnya akan muncul halaman Software update dengan informasi mengenai iOS 12 update didalamnya. Klik tombol Next dan lanjutkan dengan mengklik tombol Agree di halaman berikutnya.

Catatan: Apabila selama proses downgrade, iPhone tiba-tiba me-reboot ke iOS 13, tidak perlu panik. Ulangi saja langkah-langkah tadi dari awal.

Cara Downgrade iOS 13 Ke ios 12 Dengan ipsw.me

Cara Downgrade iOS 13 Ke ios 12 Dengan ipsw.me

Metode yang kedua ini sebenarnya hampir sama dengan metode pertama, hanya saja sedikit lebih detail.

Di sini kamu diharuskan mendownload versi iOS yang kamu inginkan di ipsw.me. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

  • Langkah 1: Buka tab baru di browser komputer kamu, ketik ipsw.me atau klik link ini, lalu tekan Enter. Di halaman utama, pilih device kamu (dalam hal ini iPhone). Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya dimana kamu harus memilih model iPhone, seperti iPhone 11, iPhone 8, dan sebagainya.
  • Langkah 2: Di halaman selanjutnya, kamu bisa melihat beberapa versi iOS. Sebagian versi iOS di ceklis hijau (signed IPSWs) dan sebagian lagi bertanda silang merah (unsigned IPSWs). Versi iOS yang bisa kamu pilih untuk metode ini adalah yang di ceklis hijau (signed IPSWs). Jika kamu ingin mendownload versi iOS yang bertanda silang merah, kamu harus men-jailbreak iPhone terlebih dahulu. Dan itu tidak akan kita bahas di sini.
  • Langkah 3: Setelah mengklik versi iOS yang ingin kamu download, kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya. Di sini, klik tombol Download yang berwarna biru. Tunggu hingga proses download selesai.
  • Langkah 4: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke komputer dan masuk ke recovery mode iPhone. Scroll ke atas untuk melihat cara masuk ke recovery mode iPhone. Lakukan langkah-langkah tersebut satu persatu secara berurutan sampai kamu bisa melihat ikon recovery mode di layar iPhone.
  • Langkah 5: Ketika iPhone berhasil masuk ke recovery mode, biasanya iTunes akan muncul secara otomatis. Jika tidak, dilakukan secara manual.
  • Langkah 6: Pada halaman iTunes, akan muncul jendela kecil yang terdapat tombol Restore dan tombol Update. Pilih tombol Restore.
  • Langka 7: Cari file iOS 12 yang sudah kamu download diawal melalui ipsw.me. Kemudian pilih file tersebut dan klik tombol Open.
  • Langkah 8: Terakhir, klik tombol Restore di jendela kecil yang muncul. Lalu, tunggu sampai proses selesai dengan sendirinya. Setelah itu, jika semua proses downgrade berjalan baik, iPhone kamu sudah kembali ke versi lama yaitu iOS 12.

Cara Merestore Data Ke iPhone Setelah Downgrade

Apabila kamu sudah berhasil melakukan downgrade iOS 13 ke iOS 12, lalu apa selanjutnya?

Proses downgrade bisa menghapus semua data yang ada di iPhone kamu, seperti kontak, foto dan video yang tersimpan di aplikasi Photos, dan sebagainya.

Jika kamu ingin mendapatkan semua data tersebut kembali ke iPhone, kamu bisa melakukan restore data.

Restore Data iPhone Dari iCloud

Kamu bisa merestore data dari iCloud ini apabila sebelumnya kamu pernah melakukan backup ke iCloud, tentu saja.

Cara ini paling mudah dilakukan karena bisa kamu lakukan langsung di iPhone tanpa memerlukan bantuan komputer.

Sebelum memulai proses restore data ini, pastikan baterai iPhone kamu cukup banyak (tidak kurang dari 50%).

  1. Hidupkan iPhone. Ketika kamu melihat Hello di layar iPhone, tekan tombol Home.
  2. Pilih bahasa dan negara, lalu pilih jaringan WiFi yang stabil.
  3. Ikuti terus semua petunjuk di layar iPhone hingga akhirnya kamu sampai pada halaman Apps and Data. Di sini, pilihlah Restore from iCloud Backup.
  4. Sign ini ke iCloud dengan memasukan Apple ID kamu dan password nya.
  5. Pilih backup yang kamu inginkan dan tunggu sampai proses transfer data dari iCloud ke iPhone kamu selesai. Proses ini mungkin bisa berlangsung cukup lama, tergantung besar data yang ingin kamu transfer.

Restore Data iPhone Dari Komputer

Kamu juga bisa me-restore data iPhone dari komputer, jika sebelumnya kamu pernah melakukan backup ke iTunes.

  1. Ambil kabel USB dan hubungkan iPhone kamu ke komputer yang terdapat iTunes versi terbaru didalamnya.
  2. Buka iTunes di komputer jika kamu menggunakan Windows PC atau Mac dengan mac OS Mojave atau versi yang lebih lama. Bagi pengguna Mac dengan mac OS Catalina, buka Finder.
  3. Di halaman iTunes, pilih nama iPhone kamu. Selanjutnya, kamu akan melihat informasi tentang iPhone, termasuk mengenai kapan terakhir kali kamu melakukan backup ke iTunes. Di bagian bawah kamu akan melihat tombol Restore Backup. Klik itu dan tunggu sampai proses selesai.

Mungkin Ga Sih Downgrade iPadOS ke iOS 12?

Sejak tahun lalu, tepatnya bulan September, Apple akhirnya merilis iPadOS ke publik.

Dari segi fitur dan tampilan tentu berbeda dengan iOS. Hal ini cukup dinantikan oleh banyak pengguna produk Apple, namun tidak semua menyukainya.

Kalau kamu lebih menyukai iPad dengan iOS daripada iPadOS, kamu bisa kok mendowngrade nya ke iOS 12.

Caranya sama seperti cara downgrade iOS 13 ke iOS 12 di atas. Kamu bisa pilih salah satu dari metode di atas yang menurut kamu paling nyaman dan mudah.

Jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu karena proses ini bisa menghapus seluruh files di iPad kamu.

Referensi:

1. https://www.tomsguide.com/us/how-to-downgrade-ios,review-6519.html
2. https://www.imore.com/how-to-downgrade-ios
3. https://support.apple.com/

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *