Cara Main Game Android di PC + Emulatornya

Cara Main Game Android di PCSudah sejak lama terjadi perdebatan mengenai mana yang lebih menarik antara game via desktop atau laptop dengan bermain game menggunakan perangkat mobile atau smartphone.

Tentunya tidak akan ada habisnya dan juga jawaban pasti mengenai hal tersebut karena semuanya akan kembali ke selera masing-masing gamer.

Akan ada yang mengatakan bahwa bermain game di PC lebih menarik dan ada pula yang beranggapan bahwa memainkan game via smartphone sangat menantang dan sebagainya.

Dan apabila membandingkannya bukan dari tingkat menarik dan populernya, melainkan dari sisi hardware yang dimiliki setiap perangkat, maka dapat dikatakan smartphone masih belum menjangkau kehebatan dari perangkat-perangkat PC atau laptop.

Namun secara jelas, kedua perangkat tersebut memiliki spesifikasi berbeda yang mana hal tersebut berpengaruh pada kualitas dari game yang dimainkan.

Walaupun dikatakan untuk masalah jeroan dari perangkat desktop lebih bagus dibandingkan dengan smartphone, namun kini sudah banyak game-game untuk mobile yang memiliki grafis menarik dan juga gameplay memukau.

Dikarenakan hal itu, tidak jarang yang merasa kecewa ketika mendapati ada game bagus untuk mobile akan tetapi tidak terdapat versi desktop-nya.

Mengatasi masalah tersebut, sekarang ini sudah cukup banyak software-software khusus yang dapat membuat game-game mobile tersebut dapat dimainkan di PC atau laptop.

Berikut ini beberapa daftar rekomendasi emulator untuk supaya bisa menjalankan game Android di PC.

Emulator Android untuk PC

ARChon Runtime

Emulator Android

Website: archon-runtime.github.io

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar

ARChon Runtime sendiri bukan merupakan software lepas yang dapat diinstal seperti halnya perangkat lunak pada umumnya, melainkan sebagai ekstension yang dapat dipasang di peramban Chrome. ARChon ini dapat dijalankan di PC berbasis Windows maupun Linux.

Cara menggunakannya adalah pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh ARChon Runtime terlebih dahulu dari situs resminya dan kemudian membuka filenya yang ada di dalam Zip/Rar.

Sebelum menginstalnya, file tersebut harus dinamai ulang dengan nama lain karena pada saat penginstalan, Chrome tidak mengoperasikannya seperti halnya ekstensi pada umumnya, melainkan langsung mengakses di direktori dimana file tersebut berada.

Setelah melakukan unzip atau unrar, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuka Chrome dan tuliskan pada search barnya, chrome://extension, dan kemudian aktifkan (enable) Developer Mode.

Langkah selanjutnya adalah load ARChon Runtime dan kemudian thumbnail runtime ini akan muncul di deretan ekstensi lainnya.

Usai langkah-langkah di atas, maka ARChon Runtime sudah dapat digunakan untuk mengoperasikan aplikasi atau game Android di PC.

GameLoop

GameLoop

Website: gameloop.fun

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar

Satu lagi emulator untuk Android yang dapat kamu gunakan adalah GameLoop atau dulunya dinamakan Tencent Gaming Buddy.

Tentu saja seperti namanya terdahulu, yaitu Tencent, GameLoop ini diciptakan oleh developer asal Cina.

Hanya saja, emulator satu ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis game mobile Android, melainkan yang dirilis oleh Tencent Developer saja.

Untuk aplikasi atau game lain yang kompatibel memang tersedia, namun tidak terlalu banyak.

Ada beberapa game yang support dan dapat dimainkan dengan menggunakan GameLoop, seperti:

  • Call of Duty: Mobile
  • PUBG Mobile
  • Garena Free Fire
  • Arena of Valor
  • Cyber Hunter
  • Fortnight
  • Soul Knight
  • Apex Legends
  • League of Legends
  • Dota 2
  • Brawl Stars
  • Lord Mobile
  • AFK Arena
  • World of Warcraft
  • Marvel: Future Fight
  • Saint Seiya Awakening: Knights of the Zodiac
  • Black Desert Mobile
  • Ragnarok M
  • Avakin Life
  • Candy Crush Saga
  • Minecraft
  • Pokemon Go
  • May Talking Tom
  • Clash Royale
  • Clash of Clans
  • Chess Rush
  • Rise of Kingdoms
  • Subway Surfers
  • Epic Race 3D
  • Portal 2
  • Roblox
  • Dll

Salah satu hal yang unik dari GameLoop ini adalah perangkat PC yang kamu gunakan tidak harus yang memiliki spesifikasi gahar.

Bahkan jika PC kamu memiliki RAM dibawah 4GB ataupun kartu grafis dibawah 512MB, tetap saja kamu dapat menggunakannya dan memainkan game-game mobile via PC.

Langkah pertama penginstalan GameLoop yaitu tentu saja kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu dapat langsung menginstalnya di PC. Ketika proses penginstalan usai, kamu hanya perlu menekan tombol Start dan akan langsung muncul tampilan utama dari GameLoop yang berisikan banyak daftar game yang dapat dimainkan dan selesai.

MEmu Play 7

MEmu Play 7

Website: memuplay.com

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar

MEmu Play 7 merupakan emulator untuk Android yang dapat dipasang atau diinstal di perangkat PC.

Dan tentu saja, dengan menggunakan MEmu Play 7, ada banyak aplikasi maupun game yang tersedia di perangkat mobile untuk dapat dimainkan di perangkat PC atau laptop.

Bahkan setelah penginstalan selesai dilakukan, pengaturan konfigurasi dan apapun yang ada di dalamnya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk penginstalannya, setelah kamu mengunduh MEmu Play 7 di website resminya, maka prosesnya sama seperti menginstal software lain pada umumnya.

Setelah MEmu Play 7 terinstal, kamu harus memasukkan atau mengintegrasikan email Google yang kamu miliki agar dapat mengunduh, menginstal dan menggunakan aplikasi atau game yang ada di Google Play Store.

Ketika semua langkah selesai dilakukan, maka kamu hanya perlu mengakses Google Play Store dan memilih aplikasi atau game mana yang diinginkan.

BlueStacks App Player

BlueStacks App Player

Website: bluestacks.com

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar, untuk yang premium biayanya sebesar USD24

Pada dasarnya, BlueStacks App Player memiliki kesamaan dengan MEmu Play 7. Bahkan dari user interfacenya saja, kurang lebih memiliki kemiripan.

Di antara semua emulator untuk Android, dapat dikatakan untuk sementara ini, BlueStacks App Player masih berada di urutan pertama dan menjadi yang terbaik.

Hanya saja, sisi minus dari BlueStacks App Player ini adalah waktu penginstalan yang cukup lama, ukuran besar dan juga terdapatnya iklan.

Keunggulan BlueStacks App Player dibandingkan emulator lain adalah dengan menggunakan software ini, kamu dapat memakai banyak account yang berbeda-beda.

Selain itu, hampir semua aplikasi atau game Android support dengan emulator satu ini.

Dan untuk pengoperasiannya masih sama seperti MEmu Play 7, yaitu kamu hanya perlu mengunduhnya dari website resmi kemudian menginstalnya di perangkat PC.

Setelah itu, kamu perlu menghubungkan atau memasukkan akun Gmail yang dimiliki.

Ketika sudah terhubung, maka kamu dapat memilih aplikasi atau game yang ada di Google Play Store dan kemudian menginstalnya.

Game Populer di Android dan Cara Memainkannya di PC

PlayerUnknown Battlegrounds Mobile (PUBG Mobile)

PUBG Mobile

Tentunya bagi pecinta game, permainan mobile satu ini sudah tidak asing lagi di telinga.

Ya, PlayerUnknown Battlegrounds Mobile atau biasa disebut dengan PUBG Mobile atau juga terkadang dipersingkat dengan istilah ‘pubji’ ini memang sangat populer di kalangan remaja sampai dengan orang dewasa.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya fitur-fitur menarik di dalamnya. Tidak hanya itu saja, pemain juga disuguhkan pengalaman yang realistis sehingga seakan benar-benar berada di dalam arena pertempuran.

Selain itu, grafis yang ditawarkan pun cukup bagus. Sayangnya, seperti namanya, PUBG Mobile ini tersedia untuk dimainkan dengan menggunakan perangkat smartphone saja.

Hal tersebut membuat banyak orang, khususnya para pecinta game kecewa karena tidak dapat memainkannya di PC mereka.

Namun bukan berarti kamu benar-benar tidak dapat memainkan game ini di perangkat PC atau laptop, karena dengan menggunakan emulator Android, game apapun dapat dimainkan dengan mudah di komputer.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah untuk memainkan PUBG Mobile di perangkat desktop yang kamu miliki.

  1. Pertama-tama, tentu saja kamu harus mengunduh emulator Android yang banyak tersedia di internet.Akan tetapi disarankan untuk mengunduhnya di website resmi sang developer atau bukan di sembarang website.
  2. Setelah itu, instal emulator tersebut dan masukkan akun Gmail yang kamu miliki untuk dapat mengunduh PUBG Mobile di Google Play Store atau di Tencent Gaming Buddy. Perlu diingat bahwa proses pengunduhan game tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan akan semakin lama ketika koneksi internet yang kamu miliki cukup lambat.
  3. Setelah terunduh, maka Start dan masuk atau login menggunakan akun Twitter atau Facebook kamu.
  4. Bagi pemilik perangkat dengan spesifikasi rendah, kamu tidak perlu khawatir karena secara otomatis game akan menyesuaikan spesifikasi dan grafis perangkat. Namun apabila kamu ingin mengatur secara manual, maka kamu dapat mengakses Setting di pojok atas (3 icon garis). Setelah masuk Setting Center, kamu langsung saja klik Engine dan Game. Di kedua tempat tersebut, kamu dapat menyesuaikan spesifikasi perangkat dengan game yang ingin dimainkan.
  5. Setelah semua dilalui, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih karakter yang ingin kamu mainkan. kamu dapat secara bebas memilih gender sampai dengan karakter fisik yang dimiliki, mulai dari rambut, bentuk wajah sampai dengan kulit. Untuk tombol-tombol pengoperasian terletak di sebelah kiri dan untuk arah, kamu dapat menggunakan tombol A, W, D dan S. Cara melihat tombol-tombol control, kamu dapat menekan Ctrl+1 di keyboard.

Asphalt 9: Legends

Asphalt 9

Asphalt 9: Legends merupakan game paling baru yang dirilis oleh Gameloft walaupun sebenarnya game mobile satu ini kali pertama diluncurkan perdana di tahun 2018 lalu.

Asphalt 9: Legends adalah penerus dan penyempurna Asphalt 8: Airbone dengan penambahan banyak game mode, fitur-fitur menarik sampai dengan pola pengoperasian yang lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, Gameloft juga menambahkan banyak mobil-mobil dengan kecepatan super atau dikenal dengan istilah hypercar, seperti Ferrari, Chevrolet, Porsche, Lamborghini, BMW, Pagiani dan banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memainkan Asphalt 9: Legends di PC.

  1. Seperti halnya proses memainkan PUBG Mobile di PC, pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh emulator.
  2. Apabila sudah memiliki emulator, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengakses Google Play Store dan kemudian pergilah ke App Center. Di App Center, kamu hanya perlu menuliskan Asphalt 9: Legends di bar pencariannya.
  3. Setelah itu unduh game yang dimaksud dan kamu dapat mulai memainkannya.
  4. Selain menggunakan keyboard dan tombol A, W,S dan D sebagai arah, kamu juga dapat menggunakan joystick sebagai pengontrol kendaraan dan memainkan setiap mobile di Asphalt 9: Legends tersebut.

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends

Apabila PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile merupakan game dengan genre Battle Royale dan Asphalt 9: Legends adalah game bergenre balapan, Mobile Legends: Bang Bang adalah game Moba yang cukup terkenal beberapa tahun belakangan ini.

Game satu ini membutuhkan strategi dan kerja sama tim agar dapat memenangkan setiap pertempuran.

Mobile Legends: Bang Bang sejatinya memang hanya diciptakan di perangkat mobile saja, namun bagi kamu yang ingin memainkannya menggunakan perangkat PC, maka dapat memakai emulator Android sebagai medianya.

Emulator yang dapat digunakan cukup beragam dan salah satunya adalah BlueStack App Player.

Dengan menggunakan BlueStack, maka PC yang kamu miliki seakan berubah peran menjadi sebuah perangkat mobile dalam ukuran besar.

Berikut ini adalah step-step untuk memainkan Mobile Legends: Bang Bang di PC.

  1. Seperti dua game di atas, proses awalnya adalah dengan mengunduh emulator Android dan kemudian mengakses akun Google yang kamu miliki untuk dapat masuk ke Google Play Store.
  2. Di dalam Google Play Store, kamu hanya perlu mencari Mobile Legends: Bang Bang melalui bar pencariannya.
  3. Setelah ditemukan, maka kamu dapat langsung mengunduh dan menginstalnya. Hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan semua proses pengunduhan dan penginstalan tersebut adalah spesifikasi komputer yang kompatibel dengan game ini adalah minimal menggunakan operating system mulai dari Windows 7. Sedangkan prosesor yang dibutuhkan adalah yang sudah di atas Dual-core atau AMD tingkat atas. Kartu grafis dan RAM juga ROM yang dibutuhkan harus besar. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah koneksi internet yang stabil.
  4. Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah penginstalan game selesai adalah membuka menu Simulate Touch untuk dapat mengetahui kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk mengontrol karakter. Selain menggunakan Simulate Touch, kamu juga dapat menekan tombol Ctrl+1. Setelah semua selesai dilakukan, maka kamu dapat mulai bermain Mobile Legends: Bang Bang bersama teman atau rekan.

World War Heroes

World War Heroes

Bagi kamu pecinta game-game bertemakan peperangan atau juga yang bergenre first person shooter (FPS), maka World War Heroes adalah salah satu game Android yang patut dicoba.

Untuk memainkannya di perangkat PC, masih sama prosesnya seperti game-game di atas.

  1. Pertama-tama, kamu harus mengunduh emulator untuk Android dan kemudian menginstalnya.
  2. Kemudian masuk ke Google Play Store menggunakan akun Google atau Gmail yang kamu miliki.
  3. Setelah itu mencari World War Heroes di search bar di Google Play Store, mengunduh dan kemudian menginstalnya. Dikarenakan grafis pada World War Heroes cukup bagus dan halus, tentu saja membutuhkan spesifikasi perangkat PC yang tinggi. Operating system yang kompatibel dengan World War Heroes adalah minimal Windows 7 atau juga menggunakan OS X ke atas untuk PC berbasis Apple Mac.

Game satu ini juga sangat menarik karena terdapat berbagai mode pertempuran yang dapat dimainkan, mulai dari Team Squad, Bomb Mode, Team Deathmatch sampai dengan All vs All atau Death Match.

Untuk memainkannya, selain dapat menggunakan kontrol tombol di keyboard dan juga memakai mouse, kamu juga dapat menggunakan joystick untuk lebih memudahkan pengoperasian karakter yang dimainkan.

Selain 4 game di atas, masih banyak lagi game-game menarik di Android yang dapat kamu unduh dan mainkan menggunakan emulator Android.

So, tunggu apalagi, segera unduh emulatornya dan mainkan gamenya di perangkat PC yang kamu punya.

Written by Teja Gunawan
Seorang yang hobby nulis & introvert. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *