tutorial cover

Cara Memindahkan Foto dari Iphone Ke Laptop

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop – Saat ini, hampir semua smartphone memiliki kualitas kamera yang cukup baik, tidak terkecuali iPhone.

Sehingga, mengabadikan momen dijaman sekarang ini sangat amat mudah. Cukup keluarkan iPhone kamu dan klik.

Bahkan saking mudahnya mengambil foto, kamu mungkin tidak sadar ruang penyimpanan iPhone sudah penuh dan saatnya kamu memindahkan foto dari iPhone ke laptop.

Mengapa Kamu Harus Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop?

Selain karena jumlah foto di iPhone sudah terlalu banyak dan membuat ruang penyimpanannya hampir penuh, alasan lain untuk memindahkan foto ke tempat lain adalah sebagai backup.

Apabila terjadi sesuatu pada iPhone, misal hilang atau rusak, momen-momen penting yang sempat diabadikan oleh iPhone tidak ikut hilang.

Kamu masih bisa mengaksesnya di laptop, iCloud atau tempat backup lainnya karena kamu sudah membackupnya.

Alasan lainnya adalah untuk memudahkan dalam melakukan edit foto, terutama jika kamu senang dengan fotografi.

Mengedit foto di layar yang lebih besar seperti komputer tentu lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan melakukan edit di iPhone.

Meskipun saat ini banyak aplikasi edit foto untuk iPhone yang bisa kamu download dengan mudah dari AppStore.

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop Windows

Metode 1 – iCloud Photos

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop

Agar bisa digunakan untuk memindahkan foto dengan menggunakan iCloud Photos, kamu harus memiliki laptop Windows 7 ke atas.

Pastikan laptop tersebut sudah memiliki iCloud for Windows didalamnya. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya dengan mengklik link ini.

  1. Aktifkan iCloud Photos di iPhone dengan masuk ke Settings > Photos > iCloud Photos. Pastikan tombol di sebelah iCloud Photos berwarna hijau.
  2. Hubungkan iPhone dan laptop ke jaringan WiFi.
  3. Buka program iCloud untuk Windows di laptop.
  4. Pastikan kotak di sebelah Photos sudah di ceklis, kemudian klik tombol Options di sebelahnya. Jendela Photos Options akan muncul. Disini, ceklis kotak di sebelah iCloud Photo Library dan kotak Download new photos and videos to my PC.
  5. Klik tombol Done di bawah, diikuti dengan tombol Apply untuk mengkonfirmasi. Mulai sekarang, setiap foto yang kamu simpan di iPhone akan secara otomatis diunduh ke laptop kamu selama keduanya terhubung ke WiFi.
  6. Untuk melihat foto dan video yang sudah diunduh ke laptop, buka This PC atau Computer di laptop kamu. Double klik iCloud Photos, lalu klik lagi dua kali di bagian Download. Di sini kamu bisa melihat semua foto yang sudah kamu unduh dari iPhone.

Metode 2 – iCloud.com

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop Windows

Berbeda dengan metode pertama, cara yang kedua ini tidak perlu mengunduh aplikasi apapun di laptop. Kita akan melakukannya secara online.

  1. Pastikan iPhone dan laptop kamu terhubung dengan Internet.
  2. Buka Settings di iPhone, pilih Photos, lalu aktifkan iCloud Photos dengan mengetuk tombol di sebelahnya satu kali agar berubah warna menjadi hijau.
  3. Buka browser yang biasa kamu gunakan di laptop, ketik icloud.com di tab baru dan klik Enter. Sign in dengan menggunakan Apple ID dan password yang kamu gunakan untuk iPhone.
  4. Cek apakah muncul notifikasi di iPhone kamu yang menyatakan permintaan sign in dengan menggunakan Apple ID. Pilih Allow dan masukan 6 digit kode verifikasi yang muncul di iPhone ke laptop kamu.
  5. Setelah berhasil masuk ke iCloud.com, klik Photos dan kamu bisa melihat semua foto yang tersimpan di iPhone.
  6. Pilih foto yang ingin kamu unduh ke laptop dan klik ikon download di sisi atas halaman iCloud Photos.
  7. Kamu bisa mengecek foto-foto yang sudah kamu unduh dari iCloud Photos di folder Downloads yang ada di laptop.

Metode 3 – Aplikasi Photos

Apabila kamu menggunakan laptop dengan Windows 8 atau Windows 10, kamu bisa mencoba metode ini. Sebelumnya kamu harus persiapkan kabel USB yang akan menghubungkan iPhone dengan laptop dan iTunes versi terbaru. Jadi, pastikan kamu sudah mengupdate iTunes di laptop kamu. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Begitu iPhone terhubung ke laptop, sebuah notifikasi akan muncul di layar iPhone yang menanyakan apakah laptop tersebut boleh mengakses data dan settings dari iPhone. atau tidak. Pilih Allow untuk melanjutkan, lalu masukan passcode iPhone jika diminta.
  2. Buka aplikasi Photos di laptop dengan mengakses menu Start terlebih dahulu. Di halaman Photos, klik Import, yang bisa kamu temukan di sudut kanan atas jika kamu pengguna WIndows 10. Bagi pengguna Windows 8, klik kanan dan pilih Import.
  3. Pilih foto yang ingin kamu transfer dari iPhone ke laptop, lalu klik Continue.
  4. Terakhir, klik Import lagi dan tunggu hingga proses transfer foto ini selesai.

Metode 4 – Windows Autoplay

Kamu tidak bisa memindahkan foto dari iPhone dengan menggunakan aplikasi Photos jika kamu menggunakan laptop Windows 7. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan Windows AutoPlay.

  1. Hubungkan iPhone ke laptop dengan bantuan kabel USB.
  2. Ijinkan laptop kamu untuk mengakses foto dan video di iPhone kamu dengan mengetuk Allow dan masukan passcode jika diminta.
  3. Begitu iPhone terhubung ke laptop, jendela AutoPlay akan muncul. Pilih Import Photos and Videos di bagian bawah (bukan yang Dropbox)

Semua foto dari iPhone kamu akan ditransfer ke laptop dan bisa dilihat di folder Pictures.

Metode 5 – Windows Explorer/ File Explorer

Metode ini bisa digunakan untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop dengan Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Kamu tidak perlu mengunduh program apapun disini karena Windows Explorer atau File Explorer merupakan program bawaan dari laptop Windows kamu.

  1. Pastikan iPhone terhubung dengan baik dengan laptop dengan menggunakan bantuan kabel USB.
  2. Ijinkan laptop untuk mengakses iPhone.
  3. Buka Windows Explorer di laptop kamu jika kamu menggunakan Windows 7 atau File Explorer untuk Windows 8 dan 10.
  4. Klik This PC (Windows 8 dan 10) atau Computer (Windows 7) dan temukan Apple iPhone, lalu klik.
  5. Di halaman berikutnya, buka folder Internal Storage, lalu double-klik folder DCIM.
  6. Pilih foto yang ingin kamu copy, klik kanan dan pilih Copy.
  7. Di kolom sebelah kiri, klik Pictures. Kemudian, di kolom kosong sebelah kanan, klik-kanan dan pilih Paste. Selesai.

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Mac

Metode 1 – Airdrop

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Mac

AirDrop bisa digunakan untuk memindahkan foto dari iPhone ke hard drive Mac secara langsung tanpa harus membuka aplikasi Photos terlebih dahulu.

Sepertinya metode ini adalah yang paling mudah dan cepat diantara metode lainnya. Sayangnya, tidak semua komputer Apple memiliki fitur yang keren ini.

Fitur ini hanya bisa digunakan pada Mac keluaran 2012 atau lebih baru (kecuali Mac Pro 2012).

  1. Dekatkan iPhone ke Mac.
  2. Pastikan iPhone dan Mac yang akan kamu gunakan menggunakan Apple ID yang sama.
  3. Aktifkan WiFi dan Bluetooth di iPhone kamu.
  4. Aktifkan WiFi dan Bluetooth di Mac.
  5. Open Finder di Mac > Go > AirDrop dan ceklis ”Allow me to be discovered by”.
  6. Buka aplikasi Photos di iPhone dan pilih foto yang ingin kamu transfer ke Mac.
  7. Klik ikon share dan pilih nama Mac kamu. Selesai.
  8. Buka folder Downloads di Mac untuk melihat foto yang sudah kamu transfer dari iPhone tadi.

Metode 2 – iClouD Photos

iClouD Photos

Salah satu cara yang simple untuk memindahkah foto dari iPhone ke MacBook adalah melalui iCloud Photos karena tidak memerlukan kabel.

  1. Kamu hanya perlu melakukannya metode ini sekali saja. Selanjutnya, setiap foto yang disimpan di iPhone akan diunduh secara otomatis ke MacBook setiap kali terhubung WiFi.Pastikan kamu menggunakan Apple ID yang sama untuk sign in di iPhone dan Mac.
  2. Pastikan ruang penyimpanan iCloud kamu cukup banyak untuk menyimpan foto dari iPhone. Apple memberikan paket penyimpanan iCloud 5GB secara gratis, tetapi jika dirasa kurang kamu bisa berlangganan paket iCloud yang lebih besar.
  3. Buka Settings di iPhone, pilih Photos, lalu periksa apakah tombol di sebelah iCloud Photos berwarna hijau yang artinya fitur tersebut sudah diaktifkan. Jika belum, ketuk sekali sampai tombol berubah warna dari abu-abu ke hijau.
  4. Aktifkan juga fitur iCloud Photos di Mac kamu. Klik ikon Apple di sudut kanan kiri layar, pilih System Preferences dan klik iCloud.
  5. Cari Photos di kolom sebelah kanan dan ceklis kotak di sebelahnya. Kemudian klik Options.
  6. Sebuah jendela baru akan muncul. Ceklis kotak di sebelah iCloud Photos atau iCloud Photo Library (tergantung versi mac OS yang kamu pakai).
  7. Klik Done dan tutup jendela iCloud.
  8. Untuk memindahkan foto dari iCloud Photos ke hard drive Mac buka aplikasi Photos di Mac. Kemudian, pilih foto yang kamu inginkan dan klik File > Export > Export Photos. Klik Export di jendela yang terbuka, lalu pilih folder untuk menyimpan foto tersebut (misal folder Pictures) dan klik Export lagi.

Metode 3 – Dengan Menggunakan USB Kabel

Cara yang ketiga ini juga cukup mudah. Hanya saja kamu memerlukan bantuan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke Mac.

Kelebihannya adalah, kamu tidak memerlukan koneksi Internet untuk bisa memindahkan foto dari iPhone ke laptop Mac.

  1. Hubungkan iPhone ke Mac dengan menggunakan kabel USB.
  2. Apabila kamu sudah pernah menghubungkan iPhone ke Mac tersebut sebelumnya, biasanya iTunes dan aplikasi Photos akan terbuka secara otomatis. Apabila tidak, kamu bisa melakukanya secara manual.
  3. Di halaman Photos, pilih foto yang akan kamu transfer ke Mac dan klik Import Selected di bagian kanan atas. Bila kamu ingin memindahkan semua foto ke Mac, pilih Import All New Photos. Foto yang sudah diimport tadi bisa kamu lihat di album Import atau Last Import.

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Menggunakan Aplikasi Lain

Meskipun Apple menyediakan perangkat untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop Windows atau Mac, namun ada cara lain yang mungkin lebih cepat dan mudah.

Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti AnyTrans dari iMobie, EaseUS, Dr Fone dari Wondershare, dan sebagainya. Sebagian ada yang gratis atau menawarkan free trial.

Secara umum, pertama-tama kamu harus menginstall aplikasi tersebut ke laptop. Kemudian, kamu hubungkan iPhone ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

Buka aplikasi yang sudah diinstall tadi dan pilih fitur untuk mentransfer foto.
Sebenarnya hampir sama dengan metode yang sudah dibahas di atas, tetapi biasanya aplikasi pihak ketiga ini menawarkan fitur lain yang lebih canggih.

Misalnya, fitur Data Recovery dimana kamu bisa mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus dari iPhone.

Selain itu, fitur ini juga bisa berguna disaat iPhone kamu tiba-tiba rusak dan kamu tidak sempat melakukan backup foto.

Fitur Data Recovery bisa mengembalikan foto yang sudah terhapus dan mengakses foto dari iPhone yang rusak.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *