tutorial cover

Cara Reset iPhone Dengan Aman Dan Mudah

Sebagai pengguna smartphone baik Android maupun iPhone, kamu mungkin pernah mendengar istilah reset.

Istilah ini umum digunakan dalam usaha memecahkan masalah smartphone. Misal, ketika ponsel tiba-tiba nge-hang atau lag, kamu disarankan untuk melakukan soft reset ponsel tersebut.

Setiap model ponsel memiliki cara reset yang berbeda. Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara reset iPhone dengan mudah dan aman.

Perbedaan Restart, Reboot Dan Reset

Dalam dunia smartphone dan komputer, ada beberapa istilah yang sekilas hampir mirip.

Bagi orang awam, mungkin bisa sedikit membingungkan karena sering tertukar. Pernahkah kamu mendengar kata restart, reboot, reset, soft reset, hard reset, dan sebagainya?

Misal, ketika kamu mencari tahu cara mengatasi iPhone yang lag di Internet. Di satu sumber menyebutkan kamu harus melakukan restart, sementara sumber yang lain menyebutkan istilah soft reset.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, ada baiknya kita pahami dulu apa perbedaan restart, reboot, reset, dan lainnya.

Restart

Restart dalam istilah komputer dan smartphone berarti mematikan perangkat tersebut atau memutuskannya dari sumber listrik atau baterai, lalu menyalakannya kembali.

Istilah lain dari restart adalah reboot, power cycle, dan soft reset. Jadi, jika kamu diminta untuk melakukan reboot atau soft reset iPhone, tidak usah bingung lagi.

Reset

Sederhananya, reset itu sama dengan menghapus. Apabila kamu diminta untuk melakukan reset iPhone, maksudnya adalah mengembalikannya ke keadaan semula (pengaturan awal) ketika kamu pertama kali membelinya.

Semua data, settings, aplikasi dan sebagainya yang pernah kamu buat akan terhapus.

Cara Reset iPhone Yang Aman

Reset dalam troubleshooting iPhone ada beberapa macam. Dari mulai soft reset, reset network settings, hingga factory reset atau reset ke pengaturan awal. Mari kita bahas satu persatu.

Soft Reset

Meskipun ada kata reset dibelakangnya, tetapi istilah troubleshooting ini tidak akan menghapus data atau settings iPhone kamu.

Seperti sudah disebutkan diatas, soft reset adalah istilah lain restart atau reboot. Berikut langkah-langkahnya:

iPhone X, XS, XS Max, XR, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

Cara Reset iPhone

  1. Tekan salah satu tombol volume dan tombol samping secara bersamaan selama beberapa detik atau sampai Slide To Power Off muncul di layar iPhone.
  2. Tarik Slide To Power Off tersebut dari kiri ke kanan dengan jari kamu, dan tunggu sekitar 30 detik atau sampai iPhone mati.
  3. Sekarang tekan tombol samping sampai kamu bisa melihat logo Apple di layar iPhone.

iPhone 6, 6Plus, 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus

iPhone 6, 6Plus, 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus

  1. Tekan dan tahan tombol power (tombol samping) yang berada di samping kanan iPhone sampai tombol virtual yang bertuliskan Slide To Power Off muncul di layar.
  2. Tarik tombol virtual tersebut ke kanan dan tunggu sampai iPhone off.
  3. Tekan kembali tombol samping sampai logo Apple terlihat di layar.

iPhone SE, 5, dan versi yang lebih lama

iPhone SE, 5, dan versi yang lebih lama

Langkah-langkah untuk melakukan soft reset atau restart iPhone SE dan versi lebih lama sama dengan cara me-restart iPhone 6 di atas.

Bedanya, tombol power pada iPhone SE berada di atas, bukan di samping.

Force Restart

Jika menemukan masalah pada layar iPhone, seperti tiba-tiba nge-hang ketika sedang main game dan layar tidak responsif, maka kamu tidak bisa me-restart-nya dengan cara biasa.

Kamu tidak bisa menggeser tombol virtual Slide To Power Off karena layar iPhone tidak responsif. Kamu harus melakukan force restart atau me-restart secara paksa.

iPhone 8, 8 Plus, X, Dan Versi lebih baru

  1. Pertama, tekan tombol volume atas sekali dan lepaskan.
  2. Lakukan hal yang sama pada tombol bawah.
  3. Sekarang tahan tombol samping sampai logo Apple muncul di layar, lalu lepaskan.

iPhone 7 dan 7 Plus

Meskipun iPhone 7 dan 7 Plus memiliki letak tombol yang sama dengan iPhone 8, tetapi cara melakukan force restart yang berbeda.

Pertama, tekan tombol volume bawah dan tombol samping secara bersamaan selama beberapa detik hingga logo Apple terlihat di layar.

Kemudian, lepaskan kedua tombol tersebut dan tunggu proses reboot selesai dan kamu bisa memasukan passcode iPhone jika diminta.

iPhone 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, SE

Untuk melakukan force restart iPhone 6 dan versi yang lebih lama, tekan dan tahan tombol power dan tombol utama (tombol Home) secara bersamaan sampai logo Apple muncul.

Lepaskan kedua tombol tersebut dan biarkan proses reboot pada iPhone selesai. Masukan passcode iPhone kamu jika diperlukan.

Reset Network settings

Reset Network Settings adalah salah satu metode troubleshooting yang digunakan ketika iPhone mengalami masalah WiFi atau data seluler.

Metode ini akan menghapus semua konfigurasi pengaturan jaringan yang pernah kamu buat dan mengembalikannya ke pengaturan awal ketika kamu baru pertama kali membelinya.

Metode ini akan menghapus semua jaringan WiFi beserta passwordnya, pengaturan seluler, VPN, dan APN yang pernah kamu gunakan di iPhone sebelumnya.

Cara untuk melakukan Reset Network Settings ini cukup mudah. Buka aplikasi Settings di iPhone > General > Reset > Reset Network Settings.

Reset All Settings

Ada banyak istilah reset di iPhone, seperti Reset Network Settings, Reset All Settings, dan Erase All Content and Settings dan sebagainya.

Bagi sebagian orang hal ini mungkin cukup membingungkan karena istilah-istilah tersebut tampak sama. Lalu, apa perbedaan antara Reset Network Settings dan Reset All Settings?

Reset Network Settings hanya bekerja di ranah pengaturan jaringan WiFi, seluler, VPN, dan APN.

Sedangkan di iPhone sendiri terdapat banyak pengaturan, seperti pengaturan Privasi dan lokasi, keyboard, layout home screen, dan sebagainya.

Ketika kamu melakukan Reset All Settings, maka semua konfigurasi pengaturan di iPhone yang pernah kamu buat akan dikembalikan ke pengaturan awal (default settings).

Meskipun Reset All Settings tidak akan menghapus data, foto, dan sebagainya, tidak ada salahnya jika kamu mau melakukan backup terlebih dahulu.

Untuk melakukan Reset All Settings, buka Settings > General > Reset > Reset All Settings. Tunggu sampai proses reset selesai.

Factory Reset

Satu lagi istilah reset yang penting untuk diketahui terutama jika kamu ingin menjual atau memberikan iPhone tersebut kepada orang lain.

Factory reset yang disebut juga hard reset atau master reset tidak hanya menghapus semua pengaturan di iPhone, tetapi juga semua konten di dalamnya.

Semua aplikasi yang pernah kamu install, semua foto dan video yang tersimpan di aplikasi Photos, dan sebagainya akan terhapus.

Sangat penting bagi kamu untuk melakukan factory reset sebelum menyerahkan iPhone ke tangan orang lain.

Jangan sampai ada data pribadi yang tertinggal di iPhone. Berikut langkah-langkahnya.

Backup iPhone

Kamu bisa melakukan backup iPhone dengan iCloud, iTunes, dan lainnya. iCloud adalah cara yang paling mudah karena kamu bisa melakukannya langsung di iPhone.

  • Pastikan iPhone kamu terhubung ke jaringan WiFi
  • Buka Settings > (nama kamu) > iCloud
  • Pastikan iCloud Backup dalam keadaan aktif (tombol berwarna hijau)
  • Ketuk bagian Backup Now dan tunggu hingga proses backup selesai

Apabila kamu lebih nyaman melakukan backup dengan iTunes, berikut langkah-langkahnya.

Backup iPhone

  • Pastikan kamu memiliki iTunes versi terbaru di komputer kamu. Apabila belum, sebaiknya kamu mengupdatenya terlebih dahulu.
  • Ambil kabel data untuk menghubungkan iPhone ke komputer.
  • Buka Finder (macOS Catalina atau iTunes (macOS Mojave dan Windows PC)
  • Ketuk bagian Trust This Computer di iPhone dan passcode jika diminta.
  • Di layar iTunes di komputer, pilih nama iPhone kamu.
  • Klik Backup Now dan tunggu proses back up nya selesai.

Factory Reset

Factory Reset

Setelah proses backup data selesai, sekarang kamu bisa me-reset ulang iPhone kamu ke pengaturan pabrik dengan tenang.

  • Akses menu Settings iPhone
  • Di halaman Settings, cari dan pilih bagian General
  • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan bagian Reset.
  • Di halaman Reset, terdapat berbagai fitur reset. Pilih Erase All Content and Settings
  • Pilih Erase Now jika kamu sudah melakukan backup sebelumnya. Apabila belum atau bisa pilih Backup Then Erase.
  • Tunggu hingga proses reset iPhone selesai.

Reset dengan iTunes

Kamu juga bisa me-reset ulang iPhone ke pengaturan pabrik dengan cara lama, yaitu dengan bantuan iTunes.

Terutama jika kamu memiliki iPhone dengan versi sangat lama, seperti 4s dan sebelumnya.

Persiapan

Klik iTunes di menu utama Mac atau Windows PC seperti biasa. Pilih Check For Updates dari list yang tersedia, lalu cek apakah versi iTunes terbaru tersedia.

Jika ya, segera update. Untuk Mac dengan mac OS Catalina kamu bisa mengaksesnya di Finder.

Gunakan kabel data iPhone untuk menghubungkannya ke komputer. Buka iTunes secara manual apabila tidak muncul secara otomatis.

Selanjutnya, klik nama iPhone kamu di halaman iTunes dan klik Backup Now. Proses backup mungkin membutuhkan waktu beberapa menit tergantung besar data yang ada di iPhone.

Catatan: Khusus untuk iPhone 4s dan lebih baru, pastikan kamu sudah mematikan fitur Find My iPhone di iPhone.

Restore iPhone

Setelah proses backup selesai, klik Summary di halaman iTunes dan klik tombol Restore iPhone.

Pilih Restore di jendela baru yang muncul untuk mengkonfirmasi dilanjutkan dengan mengklik Accept.

Cek iPhone

Cek iPhone

Setelah proses restorasi iPhone selesai, cek iPhone kamu. Apabila proses berjalan dengan lancar, iPhone kamu akan berada dalam keadaan seperti pertama kali kamu membelinya.

Ketika pertama kali dinyalakan, akan muncul Hello dalam berbagai bahasa di layar.

iPhone kamu siap diberikan kepada orang lain atau Kamu bisa me-restore kembali data yang sudah kamu backup ke iPhone tersebut.

Pentingnya Mengetahui Berbagai Jenis Reset iPhone

Mengapa kamu harus mengetahui berbagai jenis reset? Setiap setiap jenis reset dibuat untuk tujuan tertentu dengan konsekuensi yang berbeda.

Jika kamu salah memilih metode reset untuk menyelesaikan masalah iPhone, bisa jadi kamu akan mendapat masalah baru.

Misal, sebenarnya kamu hanya butuh melakukan Reset Network Settings untuk menyelesaikan masalah iPhone yang tidak bisa terhubung ke Internet.

Tetapi, kamu malah melakukan Factory Reset yang mengakibatkan seluruh photo, video, dan data penting lainnya di iPhone kamu menjadi hilang.

Selain itu, mengetahui jenis reset iPhone akan membuat kamu lebih efektif dalam melakukan troubleshooting.

Contoh, kamu tidak perlu memilih Reset All Settings untuk menyelesaikan masalah WiFi.

Meskipun hal tersebut bisa menyelesaikan masalah iPhone yang tidak bisa terhubung WiFi, tetapi rasanya kurang efektif.

Semua konfigurasi settings iPhone akan dikembalikan ke pengaturan awal, sedangkan yang kamu butuhkan hanya menghapus settingan jaringan saja.

0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *