Cek FUP Indihome

Cek FUP Indihome – Pernah mengalami jaringan lambat saat menggunakan jaringan internet Indihome?

Mungkin penyebabnya adalah karena Indihome sudah mulai menerapkan sistem FUP untuk para pelanggannya.Tapi apa itu FUP? Bagaimana cara cek FUP Indihome?

Untuk kamu yang belum tahu apa itu Indihome, Indihome adalah salah satu penyedia layanan internet terbaik yang ada di Indonesia.

Dengan bentuk layanan yang berbasis fiber optik, Indihome menyediakan berbagai macam pilihan paket internet mulai dari kecepatan 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps.

Dengan bentuk layanan yang dimilikinya, Indihome menjadi sebuah solusi untuk menyelesaikan permasalahan dengan jaringan internet yang saat ini menjelma menjadi kebutuhan primer hampir semua orang.

Ini karena hampir semua aspek kehidupan yang melingkupi hidup kita saat ini, hampir semuanya terhubung dengan jaringan internet.

Mulai dari layanan kesehatan, fasilitas ekonomi, sampai dengan pertanian dan pendataan penduduk. Internet menjadi kebutuhan primer banyak orang di zaman modern ini.

Cara Cek FUP Indihome

Setelah mengetahui jenis dan spesifikasi paket internet yang disediakan oleh Indihome, selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara mengetahui apakah kuota paket kamu masih ada atau tidak. Kamu harus tahu cara cek FUP Indihome.

Secara umum, terdapat beberapa cara cek FUP Indihome yang bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline.

Cara-cara ini sangat mudah dilakukan dan yang harus kamu siapkan hanya Nama dan Nomor Internet Indihome saja. Berikut cara cek FUP Indihome yang bisa kamu lakukan:

Cek Melalui Fanspage Facebook

Cek FUP Indiehome Melalui Fanspage Facebook

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek FUP Indihome adalah dengan mengunjungi fanspage Indihome di media sosial Facebook.

Fanspage ini adalah salah satu tempat dimana Indihome sebagai penyedia layanan memberikan informasi terbaru soal layanan terbaru yang dimilikinya.

Dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat informasi tentang FUP adalah dengan kirim pesan lewat layanan chat.

Call Center 147

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jumlah kuota Indihome yang tersisa adalah melalui Call Center 147 via saluran telepon yang merupakan cara cek FUP Indihome tanpa login.

Cara menghubunginya adalah dengan menelpon di nomor Kode Area Anda + 147.

Disini nantinya kamu bisa terhubung dengan Call Center dengan cepat sehingga bisa bertanya langsung perihal FUP ataupun mengeluhkan permasalahan yang ditemui.

Walaupun cara ini terhitung cepat namun untuk menghubungi 147 tidaklah gratis karena kamu akan dikenakan biaya telepon yang dipotong dari pulsa.

Aplikasi MyIndiHome

Cek FUP Aplikasi MyIndiHome

Dengan adanya smartphone berbasis Android dan IOS semuanya kini menjadi lebih mudah untuk dilakukan termasuk untuk melakukan pengecekan kuota Indihome yang tersisa.

Caranya pun sangat mudah karena kamu hanya perlu masuk ke Playstore untuk Android atau ke App Store untuk IOS dan download aplikasi My Indihome.

Dengan mendownload aplikasi ini kamu akan mendapatkan banyak kemudahan seperti kemudahan pengecekan kuota, pembayaran tagihan, mengecek ketersediaan layanan Indihome di wilayah tertentu, sampai dengan mendaftarkan diri untuk berlangganan Indihome.

Melalui Website Resmi

Melalui Website Resmi Indiehome

Jika kamu merasa mendownload aplikasi My IndiHome di smartphone iu cukup merepotkan, maka cara cek FUP Indihome Online selanjutnya adalah dengan mengunjungi website resmi Indihome di Indihome.co.id. Dengan cara yang cukup mudah:

  • Masuk ke menu my IndiHome yang ada di bagian kanan atas
  • Pilih menu Masuk
  • Masukkan alamat email yang terdaftar sebagai pelanggan Indihome
  • Pilih menu Nama Akun pada bagian kanan atas dan pilih Status Langganan
  • Tunggu rincian pemakaian data terlihat

Mengunjungi Kantor Indihome

Cara cek FUP Indihome yang terakhir adalah dengan mengunjungi langsung kantor Indihome di Telkom Plasa terdekat.

Cara ini mungkin adalah cara terakhir yang bisa kamu coba jika keempat cara diatas tidak bisa kamu terapkapkan.

Walaupun menyita waktu dan energi, tapi berkunjung ke Plasa Telkom terdekat lebih berkesan karena kamu akan bertemu langsung dengan customer service Indihome sehingga jika memiliki keluhan tentang layanan Indihome bisa kamu ceritakan disini dan mendapatkan jawaban yang lebih detail dan jelas.

Keunggulan Indihome

Sebagai penyedia layanan internet terbaik yang ada di Indonesia, ada beberapa keunggulan Indihome yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan internet kamu. Keunggulan tersebut adalah:

Memiliki paket layanan yang beragam

Keunggulan Indihome yang pertama adalah mereka menyediakan pilihan paket layanan yang beragam mulai dari paket Dual Play yang dimulai dari harga Rp 340 ribuan, Paket Triple Play Premium yang dimulai dari harga Rp700 ribuan, dan paket Triple Play Deluxe yang memiliki harga dibawah dua paket sebelumnya.

Tayangan Tanpa Jeda

Paket yang disediakan oleh Indihome bukanlah paket untuk layanan internet semata karena paket tersebut juga menyediakan layanan UseeTV yang menayangkan tayangan favorit kamu di TV Nasional maupun Internasional.

Tidak hanya itu, pada paket internet tertentu dari Indihome kamu juga akan menikmati layanan Karaoke on Demand dan Video Recorder dengan resolusi yang tinggi sehingga memiliki tampilan yang lebih jernih.

Antivirus

Indihome melengkapi layanannya dengan Trend Micro Security System yang akan membuat pelanggannya aman dari segala ancaman seperti serangan dari virus digital.

Seperti kita tahu, untuk menikmati kemudahan akses dalam berselancar didunia maya, terkadang kita harus Sign In atau Sign Out dengan cara memasukkan data pribadi kesana.

Sebenarnya data yang kita berikan itu sangat rentan kejahatan dan Indihome dapat menangkal kejahatan itu dengan fasilitasnya.

Jaringan Yang Cepat Dan Stabil

Dengan jaringan fiber optic, Indihome berani memberikan jaminan jaringan internet yang cepat dan stabil kepada pelanggannya meskipun dalam cuaca yang ekstrem sekalipun.

Kemudahan Dalam Membayar

Keunggulan dari Indihome yang terakhir adalah kemudahan untuk pembayaran layanan sehingga kamu bisa memberikan pembayaran dimana saja dan kapan saja.

Kekurangan Indihome

Tidak jauh berbeda dengan penyedia jaringan internet lainnya, Indihome juga memiliki beberapa kekurangan yang banyak menyita perhatian para pelanggannya. Beberapa kekurangan tersebut adalah:

Jaringan Yang Terbatas

Untuk menikmati jaringan internet dari Indihome ternyata kita harus berada di tengah kota.

Jika kamu berada di pinggir kota atau jauh dari keramaian kota kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan layanan internet Indihome karena jaringan yang belum tersedia.

FUP (Fair Usage Policy)

Ini adalah salah satu layanan terbaru dari Indihome yang belum lama diterapkan.

Layanan ini memberikan batasan layanan internet kepada penggunanya sehingga jika batas ini sudah tercapai, pengguna akan mengalami pengurangan kecepatan internet.

Apa Itu FUP

Seperti sudah disinggung di awal, FUP atau Fair Usage Policy adalah salah satu bentuk layanan dari Indihome yang memberikan batasan kecepatan penggunaan layanan internet kepada pelanggannya.

Walaupun seperti itu, pembatasan yang dilakukan masih tergolong wajar.
Karena Indihome menyediakan cukup banyak paket internet, maka layanan FUP yang diberlakukan juga berbeda-beda tergantung paket yang diambil oleh pengguna.

Sampai saat ini terdapat dua jenis FUP, yaitu FUP 1 dan FUP 2. Jika pengguna mencapai batas pemakaian pada FUP 1 maka jaringan internet akan diturunkan menjadi 75%.

Dan jika penggunaan selanjutnya mencapai batas pemakaian pada FUP 2 maka jaringan internet akan diturunkan lagi 40%.

Batas FUP ini tidak sama antara satu paket internet dengan paket internet yang lainnya.

Walaupun mendapatkan pembatasan pemakaian berupa penurunan kecepatan, kamu tidak perlu khawatir jaringan internet menjadi lemot saat penggunaannya.

Jenis-Jenis FUP Indihome

FUP 10 Mbps

FUP 10 Mbps

Paket internet 10 Mbps ini adalah paket termurah yang disediakan oleh Indihome dengan biaya berlangganannya hanya sekitar Rp200 ribuan untuk biaya langganan internetnya saja.

Jika kamu berlangganan paket 10 Mbps ini, kamu akan mendapatkan kuota internet sebesar 300GB.

Apabila kuota yang kamu gunakan lebih dari 300 GB maka kecepatan internet akan menurun secara otomatis menjadi 7,5 Mbps.

Dan jika penggunaan selanjutnya melebihi 400 GB maka kecepatan internet selanjutnya akan dikurangi lagi secara otomatis menjadi 4 Mbps.

FUP 20 Mbps

FUP 20 Mbps

Jika dirasa pake 10 Mbps kurang cepat, mungkin kamu harus coba paket internet 20 Mbps ini.

Jika kamu mengambil paket ini, kamu akan mendapatkan kuota 500 GB untuk satu bulan.

Paket ini sangat cocok untuk kamu yang sering download dan streaming dengan biaya berlangganan yang masih terjangkau.

FUP ini berlaku manakala penggunaan internet kamu melebihi 500 GB sehingga kecepatan internet akan dikurangi secara otomatis menjadi 15 Mbps.

Dan jika penggunaan melebihi batas 800 GB maka kecepatan akan berkurang lagi secara otomatis menjadi 8 Mbps.

FUP 30 Mbps

FUP 30 Mbps

Paket internet yang cocok jika kamu ingin membuka warnet adalah paket internet 30 Mbps ini.

Dengan paket ini, tentu saja kamu akan mendapatkan jaminan internet yang cepat, stabil, juga dengan kuota yang cukup besar mencapai 700 GB.

Jika pemakaian melebihi 700 GB maka kecepatan internet akan dikurangi menjadi 22,5 Mbps atau penurunan sekitar 75%.

Dan jika kuota yang terpakai menyentuh 1200 GB, kecepatan internet akan menurun lagi mencapai 12 Mbps.

FUP 40 Mbps

FUP 40 Mbps

Selain cocok untuk usaha kecil seperti warnet, paket internet 40 Mbps dari Indihome ini juga menjadi referensi paket internet untuk usaha bahkan perusahaan menengah kebawah.

Karena selain memberikan kuota yang berlimpah dan cepat, jaringan juga lebih stabil.

Paket Kecepatan 40 Mbps memiliki kuota sebesar 900 GB yang apabila pemakaian sudah melebihi dari kuota maka kecepatan akan diturunkan menjadi 30 Mbps.

Dan jika kuota mencapai 1600 Mbps maka kecepatan akan kembali dikurangi menjadi sekitar 16 Mbps atau sekitar 16% dari kuota awal.

FUP 50 Mbps

FUP 50 Mbps

Paket internet selanjutnya yang bisa dijadikan referensi untuk usaha adalah paket internet 50 Mbps.

Paket ini sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan yang mengandalkan jaringan internet untuk mendapatkan keuntungan karena kecepatan dan jumlah kuotanya yang banyak.

Jumlah kuota yang akan kamu dapatkan dari paket internet 50 Mbps ini adalah sebesar 1200 GB yang jika penggunaan melebihi kuota maka kecepatan akan dikurangi menjadi 37,5 Mbps.

Apabila penggunaan terus bertambah dan mencapai 2000 GB maka selanjutnya kecepatan berkurang menjadi 20 Mbps.

Walaupun mendapatkan jaminan kecepatan dan kuota yang berlimpah, harga paket internet 50 Mbps ini cukup mahal.

Walaupun paket yang diambil hanya Internet Only biasanya harga mencapai Rp 780 ribu/bulannya.

FUP 100 MBPS

FUP 100 MBPS

Paket internet yang paling mahal yang disediakan oleh Indihome adalah paket internet kecepatan 100 Mbps.

Biasanya yang menggunakan paket internet ini adalah perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan internet untuk membantu kerja karyawan dalam melakukan pekerjaannya dalam kirim data atau yang lainnya.

Jika kamu mendaftarkan diri ikut paket kecepatan 100 Mbps ini kamu akan mendapatkan kuota internet mencapai 2000 GB atau 2 Terabyte.

Yang jika penggunaan melebihi kuota maka kecepatan akan dikurangi menjadi 50 Mbps.

Itulah cara cek FUP Indihome beserta apa saja keunggulan dan kelemahan Indihome yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

Written by Teja Gunawan
Seorang yang hobby nulis & introvert. Profile

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *