tutorial cover

Cara Memindahkan Foto dari Iphone Ke Laptop

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop – Saat ini, hampir semua smartphone memiliki kualitas kamera yang cukup baik, tidak terkecuali iPhone.

Sehingga, mengabadikan momen dijaman sekarang ini sangat amat mudah. Cukup keluarkan iPhone kamu dan klik.

Bahkan saking mudahnya mengambil foto, kamu mungkin tidak sadar ruang penyimpanan iPhone sudah penuh dan saatnya kamu memindahkan foto dari iPhone ke laptop.

Mengapa Kamu Harus Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop?

Selain karena jumlah foto di iPhone sudah terlalu banyak dan membuat ruang penyimpanannya hampir penuh, alasan lain untuk memindahkan foto ke tempat lain adalah sebagai backup.

Apabila terjadi sesuatu pada iPhone, misal hilang atau rusak, momen-momen penting yang sempat diabadikan oleh iPhone tidak ikut hilang.

Kamu masih bisa mengaksesnya di laptop, iCloud atau tempat backup lainnya karena kamu sudah membackupnya.

Alasan lainnya adalah untuk memudahkan dalam melakukan edit foto, terutama jika kamu senang dengan fotografi.

Mengedit foto di layar yang lebih besar seperti komputer tentu lebih mudah dan menyenangkan dibandingkan melakukan edit di iPhone.

Meskipun saat ini banyak aplikasi edit foto untuk iPhone yang bisa kamu download dengan mudah dari AppStore.

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop Windows

Metode 1 – iCloud Photos

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop

Agar bisa digunakan untuk memindahkan foto dengan menggunakan iCloud Photos, kamu harus memiliki laptop Windows 7 ke atas.

Pastikan laptop tersebut sudah memiliki iCloud for Windows didalamnya. Jika belum, kamu bisa mengunduhnya dengan mengklik link ini.

  1. Aktifkan iCloud Photos di iPhone dengan masuk ke Settings > Photos > iCloud Photos. Pastikan tombol di sebelah iCloud Photos berwarna hijau.
  2. Hubungkan iPhone dan laptop ke jaringan WiFi.
  3. Buka program iCloud untuk Windows di laptop.
  4. Pastikan kotak di sebelah Photos sudah di ceklis, kemudian klik tombol Options di sebelahnya. Jendela Photos Options akan muncul. Disini, ceklis kotak di sebelah iCloud Photo Library dan kotak Download new photos and videos to my PC.
  5. Klik tombol Done di bawah, diikuti dengan tombol Apply untuk mengkonfirmasi. Mulai sekarang, setiap foto yang kamu simpan di iPhone akan secara otomatis diunduh ke laptop kamu selama keduanya terhubung ke WiFi.
  6. Untuk melihat foto dan video yang sudah diunduh ke laptop, buka This PC atau Computer di laptop kamu. Double klik iCloud Photos, lalu klik lagi dua kali di bagian Download. Di sini kamu bisa melihat semua foto yang sudah kamu unduh dari iPhone.

Metode 2 – iCloud.com

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Laptop Windows

Berbeda dengan metode pertama, cara yang kedua ini tidak perlu mengunduh aplikasi apapun di laptop. Kita akan melakukannya secara online.

  1. Pastikan iPhone dan laptop kamu terhubung dengan Internet.
  2. Buka Settings di iPhone, pilih Photos, lalu aktifkan iCloud Photos dengan mengetuk tombol di sebelahnya satu kali agar berubah warna menjadi hijau.
  3. Buka browser yang biasa kamu gunakan di laptop, ketik icloud.com di tab baru dan klik Enter. Sign in dengan menggunakan Apple ID dan password yang kamu gunakan untuk iPhone.
  4. Cek apakah muncul notifikasi di iPhone kamu yang menyatakan permintaan sign in dengan menggunakan Apple ID. Pilih Allow dan masukan 6 digit kode verifikasi yang muncul di iPhone ke laptop kamu.
  5. Setelah berhasil masuk ke iCloud.com, klik Photos dan kamu bisa melihat semua foto yang tersimpan di iPhone.
  6. Pilih foto yang ingin kamu unduh ke laptop dan klik ikon download di sisi atas halaman iCloud Photos.
  7. Kamu bisa mengecek foto-foto yang sudah kamu unduh dari iCloud Photos di folder Downloads yang ada di laptop.

Metode 3 – Aplikasi Photos

Apabila kamu menggunakan laptop dengan Windows 8 atau Windows 10, kamu bisa mencoba metode ini. Sebelumnya kamu harus persiapkan kabel USB yang akan menghubungkan iPhone dengan laptop dan iTunes versi terbaru. Jadi, pastikan kamu sudah mengupdate iTunes di laptop kamu. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini.

  1. Begitu iPhone terhubung ke laptop, sebuah notifikasi akan muncul di layar iPhone yang menanyakan apakah laptop tersebut boleh mengakses data dan settings dari iPhone. atau tidak. Pilih Allow untuk melanjutkan, lalu masukan passcode iPhone jika diminta.
  2. Buka aplikasi Photos di laptop dengan mengakses menu Start terlebih dahulu. Di halaman Photos, klik Import, yang bisa kamu temukan di sudut kanan atas jika kamu pengguna WIndows 10. Bagi pengguna Windows 8, klik kanan dan pilih Import.
  3. Pilih foto yang ingin kamu transfer dari iPhone ke laptop, lalu klik Continue.
  4. Terakhir, klik Import lagi dan tunggu hingga proses transfer foto ini selesai.

Metode 4 – Windows Autoplay

Kamu tidak bisa memindahkan foto dari iPhone dengan menggunakan aplikasi Photos jika kamu menggunakan laptop Windows 7. Alternatifnya, kamu bisa menggunakan Windows AutoPlay.

  1. Hubungkan iPhone ke laptop dengan bantuan kabel USB.
  2. Ijinkan laptop kamu untuk mengakses foto dan video di iPhone kamu dengan mengetuk Allow dan masukan passcode jika diminta.
  3. Begitu iPhone terhubung ke laptop, jendela AutoPlay akan muncul. Pilih Import Photos and Videos di bagian bawah (bukan yang Dropbox)

Semua foto dari iPhone kamu akan ditransfer ke laptop dan bisa dilihat di folder Pictures.

Metode 5 – Windows Explorer/ File Explorer

Metode ini bisa digunakan untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop dengan Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Kamu tidak perlu mengunduh program apapun disini karena Windows Explorer atau File Explorer merupakan program bawaan dari laptop Windows kamu.

  1. Pastikan iPhone terhubung dengan baik dengan laptop dengan menggunakan bantuan kabel USB.
  2. Ijinkan laptop untuk mengakses iPhone.
  3. Buka Windows Explorer di laptop kamu jika kamu menggunakan Windows 7 atau File Explorer untuk Windows 8 dan 10.
  4. Klik This PC (Windows 8 dan 10) atau Computer (Windows 7) dan temukan Apple iPhone, lalu klik.
  5. Di halaman berikutnya, buka folder Internal Storage, lalu double-klik folder DCIM.
  6. Pilih foto yang ingin kamu copy, klik kanan dan pilih Copy.
  7. Di kolom sebelah kiri, klik Pictures. Kemudian, di kolom kosong sebelah kanan, klik-kanan dan pilih Paste. Selesai.

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Mac

Metode 1 – Airdrop

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Ke Mac

AirDrop bisa digunakan untuk memindahkan foto dari iPhone ke hard drive Mac secara langsung tanpa harus membuka aplikasi Photos terlebih dahulu.

Sepertinya metode ini adalah yang paling mudah dan cepat diantara metode lainnya. Sayangnya, tidak semua komputer Apple memiliki fitur yang keren ini.

Fitur ini hanya bisa digunakan pada Mac keluaran 2012 atau lebih baru (kecuali Mac Pro 2012).

  1. Dekatkan iPhone ke Mac.
  2. Pastikan iPhone dan Mac yang akan kamu gunakan menggunakan Apple ID yang sama.
  3. Aktifkan WiFi dan Bluetooth di iPhone kamu.
  4. Aktifkan WiFi dan Bluetooth di Mac.
  5. Open Finder di Mac > Go > AirDrop dan ceklis ”Allow me to be discovered by”.
  6. Buka aplikasi Photos di iPhone dan pilih foto yang ingin kamu transfer ke Mac.
  7. Klik ikon share dan pilih nama Mac kamu. Selesai.
  8. Buka folder Downloads di Mac untuk melihat foto yang sudah kamu transfer dari iPhone tadi.

Metode 2 – iClouD Photos

iClouD Photos

Salah satu cara yang simple untuk memindahkah foto dari iPhone ke MacBook adalah melalui iCloud Photos karena tidak memerlukan kabel.

  1. Kamu hanya perlu melakukannya metode ini sekali saja. Selanjutnya, setiap foto yang disimpan di iPhone akan diunduh secara otomatis ke MacBook setiap kali terhubung WiFi.Pastikan kamu menggunakan Apple ID yang sama untuk sign in di iPhone dan Mac.
  2. Pastikan ruang penyimpanan iCloud kamu cukup banyak untuk menyimpan foto dari iPhone. Apple memberikan paket penyimpanan iCloud 5GB secara gratis, tetapi jika dirasa kurang kamu bisa berlangganan paket iCloud yang lebih besar.
  3. Buka Settings di iPhone, pilih Photos, lalu periksa apakah tombol di sebelah iCloud Photos berwarna hijau yang artinya fitur tersebut sudah diaktifkan. Jika belum, ketuk sekali sampai tombol berubah warna dari abu-abu ke hijau.
  4. Aktifkan juga fitur iCloud Photos di Mac kamu. Klik ikon Apple di sudut kanan kiri layar, pilih System Preferences dan klik iCloud.
  5. Cari Photos di kolom sebelah kanan dan ceklis kotak di sebelahnya. Kemudian klik Options.
  6. Sebuah jendela baru akan muncul. Ceklis kotak di sebelah iCloud Photos atau iCloud Photo Library (tergantung versi mac OS yang kamu pakai).
  7. Klik Done dan tutup jendela iCloud.
  8. Untuk memindahkan foto dari iCloud Photos ke hard drive Mac buka aplikasi Photos di Mac. Kemudian, pilih foto yang kamu inginkan dan klik File > Export > Export Photos. Klik Export di jendela yang terbuka, lalu pilih folder untuk menyimpan foto tersebut (misal folder Pictures) dan klik Export lagi.

Metode 3 – Dengan Menggunakan USB Kabel

Cara yang ketiga ini juga cukup mudah. Hanya saja kamu memerlukan bantuan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke Mac.

Kelebihannya adalah, kamu tidak memerlukan koneksi Internet untuk bisa memindahkan foto dari iPhone ke laptop Mac.

  1. Hubungkan iPhone ke Mac dengan menggunakan kabel USB.
  2. Apabila kamu sudah pernah menghubungkan iPhone ke Mac tersebut sebelumnya, biasanya iTunes dan aplikasi Photos akan terbuka secara otomatis. Apabila tidak, kamu bisa melakukanya secara manual.
  3. Di halaman Photos, pilih foto yang akan kamu transfer ke Mac dan klik Import Selected di bagian kanan atas. Bila kamu ingin memindahkan semua foto ke Mac, pilih Import All New Photos. Foto yang sudah diimport tadi bisa kamu lihat di album Import atau Last Import.

Cara Memindahkan Foto Dari iPhone Menggunakan Aplikasi Lain

Meskipun Apple menyediakan perangkat untuk memindahkan foto dari iPhone ke laptop Windows atau Mac, namun ada cara lain yang mungkin lebih cepat dan mudah.

Kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti AnyTrans dari iMobie, EaseUS, Dr Fone dari Wondershare, dan sebagainya. Sebagian ada yang gratis atau menawarkan free trial.

Secara umum, pertama-tama kamu harus menginstall aplikasi tersebut ke laptop. Kemudian, kamu hubungkan iPhone ke laptop dengan menggunakan kabel USB.

Buka aplikasi yang sudah diinstall tadi dan pilih fitur untuk mentransfer foto.
Sebenarnya hampir sama dengan metode yang sudah dibahas di atas, tetapi biasanya aplikasi pihak ketiga ini menawarkan fitur lain yang lebih canggih.

Misalnya, fitur Data Recovery dimana kamu bisa mengembalikan foto yang tidak sengaja terhapus dari iPhone.

Selain itu, fitur ini juga bisa berguna disaat iPhone kamu tiba-tiba rusak dan kamu tidak sempat melakukan backup foto.

Fitur Data Recovery bisa mengembalikan foto yang sudah terhapus dan mengakses foto dari iPhone yang rusak.

tutorial cover

Cara Cek Garansi iPhone dan Cara Mengklaimnya

Cek Garansi iPhone – iPhone adalah salah satu smartphone dengan harga yang bisa dibilang selangit dibandingkan dengan smartphone lainnya.

Meski demikian, penggunanya semakin bertambah setiap tahunnya. Mungkin karena saat ini iPhone seken dengan harga yang lebih murah bisa dengan mudah didapat.

Jika kamu berencana untuk membeli iPhone seken, ada beberapa hal yang perlu di cek. Salah satunya adalah mengecek garansi iPhone.

iPhone seken yang masih memiliki garansi resmi tentu akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi, sehingga beberapa penjual menyertakan hal tersebut dalam deskripsi produk yang akan dijual.

Namun, terkadang ada saja penjual nakal yang memberikan garansi palsu agar mereka bisa mendapat untuk yang lebih besar.

Itulah yang akan kita bahas di sini. Sebelum masuk ke topik utama yaitu cara cek garansi iPhone, kita akan bahas dulu mengenai perbedaannya jenis garansi.

Perbedaan Garansi iPhone Internasional Dan Resmi

Cara Cek Garansi iPhone

Ketika membeli iPhone baik dari Apple Store, Apple Premium Reseller, maupun beli seken dari perorangan, mereka mungkin akan memberikan info mengenai garansi.

Umumnya, ada dua jenis garansi yang mungkin mereka tawarkan, yaitu garansi internasional dan resmi. Apa sih bedanya?

Garansi Internasional

Garansi Internasional iPhone adalah istilah biasa digunakan untuk garansi yang diberikan Apple langsung kepada pembeli.

Garansi ini berlaku untuk satu tahun sejak tanggal pembelian. Tetapi untuk mengklaimnya, kamu harus datang langsung ke negara dimana iPhone tersebut dibeli/diproduksi.

Bagaimana jika iPhone tersebut merupakan pemberian dari seseorang dan kamu tidak tahu dari negara mana produsennya?

Kamu bisa mengecek nya dengan membuka Settings > General > About. Cari bagian Model dan kamu bisa menemukan kode negara terletak dibagian paling akhir sebelum garis miring.

Berikut adalah daftar kode negara asal iPhone:

  • AB — Egypt, Jordan, Saudi Arabia, United Arab Emirate
  • B — Ireland, UK, also used for some replacement units
  • BR — Brazil (assembled in Brazil)
  • BZ — Brazil (assembled in China)
  • C — Canada
  • CL — Canada
  • CH — China
  • CZ — Czech Republic
  • D — Germany
  • DN — Austria, Germany, Netherlands
  • E — Mexico
  • EE — Estonia
  • FB — France, Luxembourg
  • FD — Austria, Liechtenstein, Switzerland
  • GR — Greece
  • HN — India
  • IP — Italy
  • HB — Israel
  • J — Japan
  • KH — Korea
  • KN — Norway
  • KS — Finland, Sweden
  • LA — Colombia, Ecuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Peru
  • LE — Argentina
  • LL — USA
  • LZ — Chile, Paraguay, Uruguay
  • MG — Hungary
  • MY — Malaysia
  • NF — Belgium, French, Luxembourg
  • PL — Poland
    PO — Portugal
  • PP — Philippines
  • RO — Romania
  • RS — Russia
  • SL — Slovakia
  • SO — South Africa
  • T — Italy
  • TA — Taiwan
  • TU — Turkey
  • TY — Italy
  • VC — Canada
  • X — Australia, New Zealand
  • S — Spain
  • ZA — Singapore
  • ZP — Hong Kong, Macau

Garansi Resmi

Garansi Internasional juga merupakan garansi yang resmi dikeluarkan langsung oleh Apple.

Tetapi untuk membedakan, garansi resmi yang dimaksud disini adalah garansi yang diberikan Apple kepada Premium Reseller Apple seperti iBox, eStore, EMAX, dan sebagainya.

Jadi, meskipun iPhone kamu memiliki kode produksi dari negara lain, reseller resmi tersebut bisa membantu mengklaim garansi iPhone tersebut.

Sebenarnya, kedua garansi tersebut baik internasional maupun resmi, diklaim di negara asal iPhone diproduksi.

Bedanya, jika kamu membelinya di Premium Reseller Apple di Indonesia, mereka yang akan menjadi perantara antara user dan Apple.

Jadi, meskipun iPhone tersebut memiliki kode negara Singapura atau USA, kamu tidak perlu perlu terbang ke negara tersebut untuk mengklaimnya. Kamu cukup datang ke reseller Apple resmi terdekat saja.

Mencakup Apa Saja Garansi Internasional / Resmi iPhone?

Apple memberikan garansi selama satu tahun terhitung dari tanggal iPhone tersebut dibeli baik dari luar atau negara tempat tinggal user. Mencakup apa saja sih garansi Apple ini?

Berdasarkan kebijakan yang ditulis Apple, garansi mencakup cacat pada iPhone, baik material maupun pengerjaan pabrik dalam jangka pemakaian normal satu tahun dari tanggal pembelian.

Misalnya, jika display atau baterai bermasalah, padahal iPhone tersebut baru digunakan selama satu bulan.

Kamu bisa mengajukan klaim garansi baik ke Apple langsung maupun ke Reseller Apple resmi.

Apa saja yang tidak bisa diklaim Oleh garansi internasional/resmi?

Meskipun Apple memberikan garansi satu tahun, bukan berarti semua masalah yang terkait dengan iPhone tersebut bisa diklaim.

Ada beberapa kondisi dimana garansi tersebut tidak bisa diklaim atau tidak sah. Garansi Apple tidak berlaku untuk:

  1. Kerusakan iPhone yang diakibatkan oleh penggunaan bersamaan produk non-Apple. Misal, kamu menggunakan charger dari pihak ketiga untuk mengisi daya iPhone yang mengakibatkan iPhone rusak.
  2. Kerusakan karena kecelakan, salah penggunaan, bencana alam, banjir, kebakaran, dan berbagai penyebab eksternal lainnya. Misal, iPhone jatuh, kemasukan air, dan sebagainya.
  3. iPhone kamu pernah diservis oleh pihak luar selain Apple Authorized Service Provider atau pihak yang ditunjuk Apple secara resmi.
  4. iPhone kamu sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga mengubah fungsi dan kemampuannya tanpa seizin Apple. Misal, iPhone kamu pernah di jailbreak sebelumnya.
  5. Part iPhone yang habis dipakai seperti baterai, kecuali kerusakan baterai karena cacat pabrik.
  6. Serial number Apple yang tertera pada iPhone rusak atau terhapus.

Cara Cek Garansi iPhone Internasional atau Resmi

Cara Cek Garansi iPhone Internasional Resmi

Sebagian user mungkin tidak ingat kapan tepatnya iPhone tersebut dibeli atau karena mereka mendapatkan nya sebagai hadiah.

Tidak sulit kok mengetahui apakah garansi iPhone kamu masih berlaku atau tidak. Kamu bisa cek garansi iPhone baik secara offline dengan mudah.

Cek Serial Number

Kamu harus tahu serial number iPhone untuk mengetahui apakah garansi iPhone masih berlaku atau tidak.

Serial number tersebut bisa dilihat dengan membuka bagian Settings di iPhone, pilih General, lalu ketuk bagian About. Kamu bisa menemukan Serial number di halaman About ini.

Alternatif lain untuk mengecek serial number iPhone adalah melalui iTunes. Hubungkan iPhone dengan laptop yang sudah di instal iTunes versi terbaru.

Jika iTunes tidak terbuka secara otomatis, kamu bisa melakukannya secara manual. Serial number iPhone bisa dilihat di kolom sebelah kanan di bawah nama iPhone.

Cek Garansi iPhone

Buka browser favorit kamu di komputer, ketik checkcoverage.apple.com di kolom pencarian, dan tekan enter.

Masukan serial number iPhone, masukan kode keamanan, lalu klik tombol Continue. Di halaman berikutnya kamu bisa mengetahui apakah iPhone tersebut masih memiliki garansi dari Apple atau tidak.

Cara Mengklaim Garansi iPhone

Setelah kamu mengetahui bahwa garansi iPhone kamu masih berlaku, apa yang harus dilakukan selanjutnya? Ada beberapa cara untuk mengklaim garansi tersebut.

Kunjungi Apple Authorized Service Provider (AASP)

Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengklaim garansi iPhone adalah mengunjungi Apple Authorized Service Provider (AASP) terdekat.

Mereka akan membantu kamu mengklaim garansi iPhone ke pusat. Proses klaim garansi biasanya memakan waktu 14 – 30 hari kerja.

Pastikan masalah yang terjadi pada iPhone kamu bukan karena human error atau salah satu dari poin yang terdapat pada daftar pengecualian garansi.

Tambahkan AppleCare+

Apabila ternyata garansi iPhone sudah habis masa berlakunya, kamu masih bisa mencoba membeli AppleCare+.

Siapa tahu iPhone kamu masih memenuhi syarat untuk itu. AppleCare+ adalah program perpanjangan garansi yang ditawarkan kepada pengguna iPhone.

Disarankan untuk membeli program tersebut sebelum mengunjungi service center Apple.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari AppleCare+ ini, yang tidak kamu dapatkan di garansi iPhone standar.

Misalnya, jika iPhone kamu hilang atau dicuri, kamu bisa menggunakan klaim melalui program perpanjangan asuransi Apple ini.

Namun fitur Find My iPhone pada iPhone kamu harus dalam keadaan aktif, jika tidak, maka garansi tidak berlaku.

Apa yang harus dilakukan sebelum mengklaim garansi iPhone?

Lakukan Troubleshoot Software

Apabila memungkinkan, lakukan troubleshoot software sebisa mungkin sebelum iPhone dibawa ke service center Apple. Misal, layar sentuh iPhone kamu tidak responsif. Kamu bisa mulai troubleshoot dari reboot iPhone, update iOS, dan sebagainya.

Cek Garansi iPhonenya Dulu

Ketika iPhone kamu mengalami masalah, sebelum dibawa ke service center resmi Apple, coba cek garansi iPhone.

Kamu bisa melihat langkah-langkahnya di atas. Selama masalah tersebut bukan karena human error baik disengaja atau tidak, selama garansi masih berlaku, kamu bisa coba untuk mengajukan klaim.

Membeli AppleCare+

Bagaimana jika garansi iPhone kamu sudah habis masa berlakunya? Ada satu pilihan lain yang bisa kamu coba, yaitu membeli AppleCare+ untuk iPhone.

Ada dua jenis program yang mereka tawarkan, yaitu AppleCare+ dan AppleCare+ With Theft and Loss.

Keduanya hampir sama, hanya saja program yang kedua memberikan perlindungan terhadap pencurian dan kehilangan.

Apabila iPhone dicuri atau hilang, kamu bisa mengklaimnya. Dengan catatan fitur Find My iPhone kamu harus dalam keadaan aktif.

Kamu bisa membeli program AppleCare+ ini pada saat membeli iPhone, 60 hari setelahnya, atau selama iPhone kamu memenuhi syarat.

Untuk mengecek apakah iPhone tersebut ,masih memenuhi syarat untuk membeli AppleCare+, buka Settings > About.

Kemudian, ketuk bagian AppleCare+ Coverage Available dan ikuti petunjuk pada layar.

Backup Data

Kamu akan menyerahkan iPhone kepada pihak Apple untuk diperbaiki atau diganti unit baru.

Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan backup data sebelumnya.

Cara backup yang paling mudah adalah melalui iCloud karena kamu bisa melakukannya langsung di iPhone tanpa harus menghubungkannya dengan computer.

Namun, jika kamu memiliki data yang sangat penting di iPhone, akan lebih baik jika melakukan lebih dari satu metode backup.

Selain backup data ke iCloud, kamu juga bisa membuat cadangan data ke iTunes atau dengan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Persiapkan iPhone

Setelah proses backup selesai, masih ada hal yang harus dilakukan sebelum kamu menyerahkan iPhone pada pihak Apple. Berikut adalah beberapa poin yang harus kamu lakukan.

  • Non-aktifkan fitur iMessage melalui Settings > Messages, lalu matikan tombol iMessage.
  • Hapus data dan settings iPhone. Pertama buka Settings > General > Reset > Erase All Content and Settings. Ikuti petunjuk yang ada di layar iPhone.
  • Non-aktifkan fitur Find My iPhone dengan cara masuk ke bagian Settings > ketuk Apple ID > ketuk My Find > ketuk Find My iPhone.
  • Keluarkan SIM Card dan semua aksesoris yang menempel pada iPhone.
  • Siapkan kabel dan charger iPhone yang asli.
  • Bawa kwitansi pembelian iPhone yang asli, siapa tahu pihak Apple meminta bukti pembelian.
  • Bawa juga identitas diri, seperti KTP, SIM, atau passport.
  • Buat perjanjian dengan pihak Apple Authorized Service Provider (AASP) terdekat baik melalui telpon maupun datang langsung.
tutorial cover

Cara Reset iPhone Dengan Aman Dan Mudah

Sebagai pengguna smartphone baik Android maupun iPhone, kamu mungkin pernah mendengar istilah reset.

Istilah ini umum digunakan dalam usaha memecahkan masalah smartphone. Misal, ketika ponsel tiba-tiba nge-hang atau lag, kamu disarankan untuk melakukan soft reset ponsel tersebut.

Setiap model ponsel memiliki cara reset yang berbeda. Kali ini, saya akan membahas bagaimana cara reset iPhone dengan mudah dan aman.

Perbedaan Restart, Reboot Dan Reset

Dalam dunia smartphone dan komputer, ada beberapa istilah yang sekilas hampir mirip.

Bagi orang awam, mungkin bisa sedikit membingungkan karena sering tertukar. Pernahkah kamu mendengar kata restart, reboot, reset, soft reset, hard reset, dan sebagainya?

Misal, ketika kamu mencari tahu cara mengatasi iPhone yang lag di Internet. Di satu sumber menyebutkan kamu harus melakukan restart, sementara sumber yang lain menyebutkan istilah soft reset.

Sebelum kita lanjut ke pembahasan utama, ada baiknya kita pahami dulu apa perbedaan restart, reboot, reset, dan lainnya.

Restart

Restart dalam istilah komputer dan smartphone berarti mematikan perangkat tersebut atau memutuskannya dari sumber listrik atau baterai, lalu menyalakannya kembali.

Istilah lain dari restart adalah reboot, power cycle, dan soft reset. Jadi, jika kamu diminta untuk melakukan reboot atau soft reset iPhone, tidak usah bingung lagi.

Reset

Sederhananya, reset itu sama dengan menghapus. Apabila kamu diminta untuk melakukan reset iPhone, maksudnya adalah mengembalikannya ke keadaan semula (pengaturan awal) ketika kamu pertama kali membelinya.

Semua data, settings, aplikasi dan sebagainya yang pernah kamu buat akan terhapus.

Cara Reset iPhone Yang Aman

Reset dalam troubleshooting iPhone ada beberapa macam. Dari mulai soft reset, reset network settings, hingga factory reset atau reset ke pengaturan awal. Mari kita bahas satu persatu.

Soft Reset

Meskipun ada kata reset dibelakangnya, tetapi istilah troubleshooting ini tidak akan menghapus data atau settings iPhone kamu.

Seperti sudah disebutkan diatas, soft reset adalah istilah lain restart atau reboot. Berikut langkah-langkahnya:

iPhone X, XS, XS Max, XR, 11, 11 Pro, dan 11 Pro Max

Cara Reset iPhone

  1. Tekan salah satu tombol volume dan tombol samping secara bersamaan selama beberapa detik atau sampai Slide To Power Off muncul di layar iPhone.
  2. Tarik Slide To Power Off tersebut dari kiri ke kanan dengan jari kamu, dan tunggu sekitar 30 detik atau sampai iPhone mati.
  3. Sekarang tekan tombol samping sampai kamu bisa melihat logo Apple di layar iPhone.

iPhone 6, 6Plus, 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus

iPhone 6, 6Plus, 6s, 6s Plus, 7, 7 Plus, 8, 8 Plus

  1. Tekan dan tahan tombol power (tombol samping) yang berada di samping kanan iPhone sampai tombol virtual yang bertuliskan Slide To Power Off muncul di layar.
  2. Tarik tombol virtual tersebut ke kanan dan tunggu sampai iPhone off.
  3. Tekan kembali tombol samping sampai logo Apple terlihat di layar.

iPhone SE, 5, dan versi yang lebih lama

iPhone SE, 5, dan versi yang lebih lama

Langkah-langkah untuk melakukan soft reset atau restart iPhone SE dan versi lebih lama sama dengan cara me-restart iPhone 6 di atas.

Bedanya, tombol power pada iPhone SE berada di atas, bukan di samping.

Force Restart

Jika menemukan masalah pada layar iPhone, seperti tiba-tiba nge-hang ketika sedang main game dan layar tidak responsif, maka kamu tidak bisa me-restart-nya dengan cara biasa.

Kamu tidak bisa menggeser tombol virtual Slide To Power Off karena layar iPhone tidak responsif. Kamu harus melakukan force restart atau me-restart secara paksa.

iPhone 8, 8 Plus, X, Dan Versi lebih baru

  1. Pertama, tekan tombol volume atas sekali dan lepaskan.
  2. Lakukan hal yang sama pada tombol bawah.
  3. Sekarang tahan tombol samping sampai logo Apple muncul di layar, lalu lepaskan.

iPhone 7 dan 7 Plus

Meskipun iPhone 7 dan 7 Plus memiliki letak tombol yang sama dengan iPhone 8, tetapi cara melakukan force restart yang berbeda.

Pertama, tekan tombol volume bawah dan tombol samping secara bersamaan selama beberapa detik hingga logo Apple terlihat di layar.

Kemudian, lepaskan kedua tombol tersebut dan tunggu proses reboot selesai dan kamu bisa memasukan passcode iPhone jika diminta.

iPhone 6, 6 Plus, 6s, 6s Plus, SE

Untuk melakukan force restart iPhone 6 dan versi yang lebih lama, tekan dan tahan tombol power dan tombol utama (tombol Home) secara bersamaan sampai logo Apple muncul.

Lepaskan kedua tombol tersebut dan biarkan proses reboot pada iPhone selesai. Masukan passcode iPhone kamu jika diperlukan.

Reset Network settings

Reset Network Settings adalah salah satu metode troubleshooting yang digunakan ketika iPhone mengalami masalah WiFi atau data seluler.

Metode ini akan menghapus semua konfigurasi pengaturan jaringan yang pernah kamu buat dan mengembalikannya ke pengaturan awal ketika kamu baru pertama kali membelinya.

Metode ini akan menghapus semua jaringan WiFi beserta passwordnya, pengaturan seluler, VPN, dan APN yang pernah kamu gunakan di iPhone sebelumnya.

Cara untuk melakukan Reset Network Settings ini cukup mudah. Buka aplikasi Settings di iPhone > General > Reset > Reset Network Settings.

Reset All Settings

Ada banyak istilah reset di iPhone, seperti Reset Network Settings, Reset All Settings, dan Erase All Content and Settings dan sebagainya.

Bagi sebagian orang hal ini mungkin cukup membingungkan karena istilah-istilah tersebut tampak sama. Lalu, apa perbedaan antara Reset Network Settings dan Reset All Settings?

Reset Network Settings hanya bekerja di ranah pengaturan jaringan WiFi, seluler, VPN, dan APN.

Sedangkan di iPhone sendiri terdapat banyak pengaturan, seperti pengaturan Privasi dan lokasi, keyboard, layout home screen, dan sebagainya.

Ketika kamu melakukan Reset All Settings, maka semua konfigurasi pengaturan di iPhone yang pernah kamu buat akan dikembalikan ke pengaturan awal (default settings).

Meskipun Reset All Settings tidak akan menghapus data, foto, dan sebagainya, tidak ada salahnya jika kamu mau melakukan backup terlebih dahulu.

Untuk melakukan Reset All Settings, buka Settings > General > Reset > Reset All Settings. Tunggu sampai proses reset selesai.

Factory Reset

Satu lagi istilah reset yang penting untuk diketahui terutama jika kamu ingin menjual atau memberikan iPhone tersebut kepada orang lain.

Factory reset yang disebut juga hard reset atau master reset tidak hanya menghapus semua pengaturan di iPhone, tetapi juga semua konten di dalamnya.

Semua aplikasi yang pernah kamu install, semua foto dan video yang tersimpan di aplikasi Photos, dan sebagainya akan terhapus.

Sangat penting bagi kamu untuk melakukan factory reset sebelum menyerahkan iPhone ke tangan orang lain.

Jangan sampai ada data pribadi yang tertinggal di iPhone. Berikut langkah-langkahnya.

Backup iPhone

Kamu bisa melakukan backup iPhone dengan iCloud, iTunes, dan lainnya. iCloud adalah cara yang paling mudah karena kamu bisa melakukannya langsung di iPhone.

  • Pastikan iPhone kamu terhubung ke jaringan WiFi
  • Buka Settings > (nama kamu) > iCloud
  • Pastikan iCloud Backup dalam keadaan aktif (tombol berwarna hijau)
  • Ketuk bagian Backup Now dan tunggu hingga proses backup selesai

Apabila kamu lebih nyaman melakukan backup dengan iTunes, berikut langkah-langkahnya.

Backup iPhone

  • Pastikan kamu memiliki iTunes versi terbaru di komputer kamu. Apabila belum, sebaiknya kamu mengupdatenya terlebih dahulu.
  • Ambil kabel data untuk menghubungkan iPhone ke komputer.
  • Buka Finder (macOS Catalina atau iTunes (macOS Mojave dan Windows PC)
  • Ketuk bagian Trust This Computer di iPhone dan passcode jika diminta.
  • Di layar iTunes di komputer, pilih nama iPhone kamu.
  • Klik Backup Now dan tunggu proses back up nya selesai.

Factory Reset

Factory Reset

Setelah proses backup data selesai, sekarang kamu bisa me-reset ulang iPhone kamu ke pengaturan pabrik dengan tenang.

  • Akses menu Settings iPhone
  • Di halaman Settings, cari dan pilih bagian General
  • Scroll ke bawah sampai kamu menemukan bagian Reset.
  • Di halaman Reset, terdapat berbagai fitur reset. Pilih Erase All Content and Settings
  • Pilih Erase Now jika kamu sudah melakukan backup sebelumnya. Apabila belum atau bisa pilih Backup Then Erase.
  • Tunggu hingga proses reset iPhone selesai.

Reset dengan iTunes

Kamu juga bisa me-reset ulang iPhone ke pengaturan pabrik dengan cara lama, yaitu dengan bantuan iTunes.

Terutama jika kamu memiliki iPhone dengan versi sangat lama, seperti 4s dan sebelumnya.

Persiapan

Klik iTunes di menu utama Mac atau Windows PC seperti biasa. Pilih Check For Updates dari list yang tersedia, lalu cek apakah versi iTunes terbaru tersedia.

Jika ya, segera update. Untuk Mac dengan mac OS Catalina kamu bisa mengaksesnya di Finder.

Gunakan kabel data iPhone untuk menghubungkannya ke komputer. Buka iTunes secara manual apabila tidak muncul secara otomatis.

Selanjutnya, klik nama iPhone kamu di halaman iTunes dan klik Backup Now. Proses backup mungkin membutuhkan waktu beberapa menit tergantung besar data yang ada di iPhone.

Catatan: Khusus untuk iPhone 4s dan lebih baru, pastikan kamu sudah mematikan fitur Find My iPhone di iPhone.

Restore iPhone

Setelah proses backup selesai, klik Summary di halaman iTunes dan klik tombol Restore iPhone.

Pilih Restore di jendela baru yang muncul untuk mengkonfirmasi dilanjutkan dengan mengklik Accept.

Cek iPhone

Cek iPhone

Setelah proses restorasi iPhone selesai, cek iPhone kamu. Apabila proses berjalan dengan lancar, iPhone kamu akan berada dalam keadaan seperti pertama kali kamu membelinya.

Ketika pertama kali dinyalakan, akan muncul Hello dalam berbagai bahasa di layar.

iPhone kamu siap diberikan kepada orang lain atau Kamu bisa me-restore kembali data yang sudah kamu backup ke iPhone tersebut.

Pentingnya Mengetahui Berbagai Jenis Reset iPhone

Mengapa kamu harus mengetahui berbagai jenis reset? Setiap setiap jenis reset dibuat untuk tujuan tertentu dengan konsekuensi yang berbeda.

Jika kamu salah memilih metode reset untuk menyelesaikan masalah iPhone, bisa jadi kamu akan mendapat masalah baru.

Misal, sebenarnya kamu hanya butuh melakukan Reset Network Settings untuk menyelesaikan masalah iPhone yang tidak bisa terhubung ke Internet.

Tetapi, kamu malah melakukan Factory Reset yang mengakibatkan seluruh photo, video, dan data penting lainnya di iPhone kamu menjadi hilang.

Selain itu, mengetahui jenis reset iPhone akan membuat kamu lebih efektif dalam melakukan troubleshooting.

Contoh, kamu tidak perlu memilih Reset All Settings untuk menyelesaikan masalah WiFi.

Meskipun hal tersebut bisa menyelesaikan masalah iPhone yang tidak bisa terhubung WiFi, tetapi rasanya kurang efektif.

Semua konfigurasi settings iPhone akan dikembalikan ke pengaturan awal, sedangkan yang kamu butuhkan hanya menghapus settingan jaringan saja.

tutorial cover

Cara Downgrade iOS 13 Ke iOS 12 Yang Aman Dan Mudah

Cara Downgrade iOS 13 Ke iOS 12 – iOS 13 hadir dengan fitur-fitur baru yang keren selain perbaikan bug dan peningkatan sistem keamanan.

Tetapi, tentu saja tidak semua pengguna iPhone menyukai perubahan ini. Beberapa mungkin ada yang sudah terbiasa dan lebih nyaman menggunakan iOS 12.

Sebagian lagi mungkin justru menemukan masalah-masalah pada iPhone mereka setelah di upgrade. Dan sebagainya.

Kalau kamu salah satu dari mereka dan ingin tahu cara downgrade iOS 13 ke iOS 12, kamu bisa mencoba salah satu metode berikut.

Sebelum Downgrade iOS 13 Ke iOS 12

Jangan Lupa Backup Data Sebelum Downgrade iOS

Proses downgrade ini kemungkinan besar akan menghapus beberapa atau seluruh data di iPhone kamu.

Oleh karena itu, pastikan kamu mem-backup data terlebih dahulu sebelum memulai proses ini.

Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk mem-backup data iPhone, diantaranya dengan iCloud, iTunes, dan sebagainya.

Backup Data Dengan iCloud

Backup Data Dengan iCloud

Hampir semua jenis data dan settings dari iPhone dan iPad bisa kamu simpan di iCloud.

Metode ini cukup sederhana karena tidak perlu menghubungkan perangkat kamu ke komputer.

Tetapi, sangat penting untuk memastikan koneksi WiFi yang akan kamu gunakan untuk backup cukup stabil agar proses berjalan dengan lancar.

Pastikan juga kamu memiliki kapasitas iCloud yang cukup.
Sebagai informasi, Apple hanya memberikan ruang penyimpanan iCloud sebesar 5GB secara gratis.

Ukuran yang kecil terutama jika jumlah foto di iPhone kamu cukup banyak. Tetapi jangan khawatir, karena Apple juga menawarkan paket penyimpan iCloud hingga 2TB dengan harga bervariasi.

Langkah-langkah Backup data iPhone ke iCloud:

  1. Hubungkan iPhone kamu ke jaringan WiFi yang paling stabil.
  2. Buka Settings dan pilih nama kamu yang terdapat di bagian paling atas halaman Settings iPhone.
  3. Di halaman selanjutnya, pilih iCloud dan scroll ke bawah sampai kamu menemukan iCloud Backup, lalu ketuk bagian itu.
  4. Di halaman Backup, pastikan tombol di samping iCloud Backup berwarna hijau. Jika masih berwarna abu, ketuklah sekali hingga berubah warna.
  5. Ketuk bagian Backup Now dan tunggu sampai proses backup selesai.

Backup Data Dengan iTunes

Kamu tidak perlu berlangganan paket penyimpanan iCloud yang ditawarkan Apple jika kamu ingin mem-backup data melalui iTunes.

Yang harus kamu persiapkan adalah sebuah komputer dengan iTunes versi terbaru terinstall di dalamnya dan kabel USB.

Sebelum mulai, cek apakah memori komputer kamu cukup besar untuk menyimpan data iPhone.

1. Hubungkan iPhone ke komputer dengan menggunakan kabel USB.

2. Bagi pengguna Windows PC dan Mac dengan mac OS Mojave atau versi yang lebih lama, buka iTunes. Sedangkan jika kamu menggunakan komputer Mac dengan mac OS Catalina, kamu bisa membuka Finder.

3. Ketuk nama iPhone kamu dan pilih tombol Backup Now yang terdapat di kotak sebelah kanan.

4. Tunggu hingga process backup selesai.

Cara Downgrade ios 13 ke ios 12

Cara Downgrade ios 13 ke ios 12

Meskipun upgrade Software bisa mengatasi beberapa masalah iPhone, terkadang justru sebaliknya.

Beberapa pengguna iPhone mengeluhkan baterai iPhone mereka menjadi cepat habis setelah upgrade, iPhone menjadi cepat panas, dan sebagainya.

Buat kamu yang terlanjur mengupgrade iOS ke versi terbaru tetapi kemudian menyesal dan bertanya-tanya apakah ada cara untuk mengembalikan iOS versi lama ke iPhone kamu? Jawabannya, bisa.

Cara Downgrade iOS 13 Ke iOS 12 Dengan Recovery Mode

Cara Masuk Ke Recovery Mode iPhone

Untuk masuk mode Recovery, kamu memerlukan bantuan komputer, baik itu Mac maupun Windows PC dan sebuah kabel USB iPhone.

Cek apakah PC yang akan digunakan sudah terpasang iTunes dengan versi paling baru.

Apabila belum, disarankan untuk meng-updatenya terlebih dahulu. Selanjutnya, ikuti langkah-langkah untuk masuk ke Recovery Mode iPhone berikut ini.

Langkah 1: Pastikan iPhone dalam keadaan off.

Langkah 2: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke komputer.

Langkah 3: Cara masuk ke recovery mode untuk berbagai model iPhone

  • iPhone dengan menggunakan Face ID: tahan tombol samping iPhone sampai ikon recovery mode muncul di layar iPhone kamu.
  • iPhone 8 keatas: Tekan dan lepaskan segera tombol volume atas. Lakukan hal yang sama pada tombol volume bawah. Sekarang, tahan tombol samping hingga kamu bisa melihat ikon recovery mode di layar iPhone.
  • iPhone 7 dan 7 Plus: tekan dan tahan tombol samping dan tombol volume bawah secara bersamaan sampai layar recovery mode muncul.
  • iPhone 6s kebawah: tekan dan tahan tombol samping dan tombol Home secara bersamaan hingga layar iPhone berubah ke recovery mode.

Setelah iPhone kamu berhasil masuk ke recovery mode, ikuti langkah-langkah berikutnya..

Cara Downgrade iOS 13 ke iOS 12 Dengan iTunes

  • Langkah 1: Buka iTunes. Biasanya jika kamu sudah pernah menghubungkan iPhone kamu ke PC yang sekarang kamu gunakan, iTunes akan secara otomatis terbuka. Jika tidak, kamu harus membukanya secara manual.
  • Langkah 2: Pada layar iTunes di komputer kamu akan muncul jendela kecil yang terdapat dua tombol, yaitu: Restore dan Update. Pilih tombol Restore. Lalu, klik tombol Restore and Update untuk mengkonfirmasi.
  • Langkah 3: Selanjutnya akan muncul halaman Software update dengan informasi mengenai iOS 12 update didalamnya. Klik tombol Next dan lanjutkan dengan mengklik tombol Agree di halaman berikutnya.

Catatan: Apabila selama proses downgrade, iPhone tiba-tiba me-reboot ke iOS 13, tidak perlu panik. Ulangi saja langkah-langkah tadi dari awal.

Cara Downgrade iOS 13 Ke ios 12 Dengan ipsw.me

Cara Downgrade iOS 13 Ke ios 12 Dengan ipsw.me

Metode yang kedua ini sebenarnya hampir sama dengan metode pertama, hanya saja sedikit lebih detail.

Di sini kamu diharuskan mendownload versi iOS yang kamu inginkan di ipsw.me. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini secara berurutan.

  • Langkah 1: Buka tab baru di browser komputer kamu, ketik ipsw.me atau klik link ini, lalu tekan Enter. Di halaman utama, pilih device kamu (dalam hal ini iPhone). Kemudian, kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya dimana kamu harus memilih model iPhone, seperti iPhone 11, iPhone 8, dan sebagainya.
  • Langkah 2: Di halaman selanjutnya, kamu bisa melihat beberapa versi iOS. Sebagian versi iOS di ceklis hijau (signed IPSWs) dan sebagian lagi bertanda silang merah (unsigned IPSWs). Versi iOS yang bisa kamu pilih untuk metode ini adalah yang di ceklis hijau (signed IPSWs). Jika kamu ingin mendownload versi iOS yang bertanda silang merah, kamu harus men-jailbreak iPhone terlebih dahulu. Dan itu tidak akan kita bahas di sini.
  • Langkah 3: Setelah mengklik versi iOS yang ingin kamu download, kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya. Di sini, klik tombol Download yang berwarna biru. Tunggu hingga proses download selesai.
  • Langkah 4: Gunakan kabel USB untuk menghubungkan iPhone ke komputer dan masuk ke recovery mode iPhone. Scroll ke atas untuk melihat cara masuk ke recovery mode iPhone. Lakukan langkah-langkah tersebut satu persatu secara berurutan sampai kamu bisa melihat ikon recovery mode di layar iPhone.
  • Langkah 5: Ketika iPhone berhasil masuk ke recovery mode, biasanya iTunes akan muncul secara otomatis. Jika tidak, dilakukan secara manual.
  • Langkah 6: Pada halaman iTunes, akan muncul jendela kecil yang terdapat tombol Restore dan tombol Update. Pilih tombol Restore.
  • Langka 7: Cari file iOS 12 yang sudah kamu download diawal melalui ipsw.me. Kemudian pilih file tersebut dan klik tombol Open.
  • Langkah 8: Terakhir, klik tombol Restore di jendela kecil yang muncul. Lalu, tunggu sampai proses selesai dengan sendirinya. Setelah itu, jika semua proses downgrade berjalan baik, iPhone kamu sudah kembali ke versi lama yaitu iOS 12.

Cara Merestore Data Ke iPhone Setelah Downgrade

Apabila kamu sudah berhasil melakukan downgrade iOS 13 ke iOS 12, lalu apa selanjutnya?

Proses downgrade bisa menghapus semua data yang ada di iPhone kamu, seperti kontak, foto dan video yang tersimpan di aplikasi Photos, dan sebagainya.

Jika kamu ingin mendapatkan semua data tersebut kembali ke iPhone, kamu bisa melakukan restore data.

Restore Data iPhone Dari iCloud

Kamu bisa merestore data dari iCloud ini apabila sebelumnya kamu pernah melakukan backup ke iCloud, tentu saja.

Cara ini paling mudah dilakukan karena bisa kamu lakukan langsung di iPhone tanpa memerlukan bantuan komputer.

Sebelum memulai proses restore data ini, pastikan baterai iPhone kamu cukup banyak (tidak kurang dari 50%).

  1. Hidupkan iPhone. Ketika kamu melihat Hello di layar iPhone, tekan tombol Home.
  2. Pilih bahasa dan negara, lalu pilih jaringan WiFi yang stabil.
  3. Ikuti terus semua petunjuk di layar iPhone hingga akhirnya kamu sampai pada halaman Apps and Data. Di sini, pilihlah Restore from iCloud Backup.
  4. Sign ini ke iCloud dengan memasukan Apple ID kamu dan password nya.
  5. Pilih backup yang kamu inginkan dan tunggu sampai proses transfer data dari iCloud ke iPhone kamu selesai. Proses ini mungkin bisa berlangsung cukup lama, tergantung besar data yang ingin kamu transfer.

Restore Data iPhone Dari Komputer

Kamu juga bisa me-restore data iPhone dari komputer, jika sebelumnya kamu pernah melakukan backup ke iTunes.

  1. Ambil kabel USB dan hubungkan iPhone kamu ke komputer yang terdapat iTunes versi terbaru didalamnya.
  2. Buka iTunes di komputer jika kamu menggunakan Windows PC atau Mac dengan mac OS Mojave atau versi yang lebih lama. Bagi pengguna Mac dengan mac OS Catalina, buka Finder.
  3. Di halaman iTunes, pilih nama iPhone kamu. Selanjutnya, kamu akan melihat informasi tentang iPhone, termasuk mengenai kapan terakhir kali kamu melakukan backup ke iTunes. Di bagian bawah kamu akan melihat tombol Restore Backup. Klik itu dan tunggu sampai proses selesai.

Mungkin Ga Sih Downgrade iPadOS ke iOS 12?

Sejak tahun lalu, tepatnya bulan September, Apple akhirnya merilis iPadOS ke publik.

Dari segi fitur dan tampilan tentu berbeda dengan iOS. Hal ini cukup dinantikan oleh banyak pengguna produk Apple, namun tidak semua menyukainya.

Kalau kamu lebih menyukai iPad dengan iOS daripada iPadOS, kamu bisa kok mendowngrade nya ke iOS 12.

Caranya sama seperti cara downgrade iOS 13 ke iOS 12 di atas. Kamu bisa pilih salah satu dari metode di atas yang menurut kamu paling nyaman dan mudah.

Jangan lupa untuk melakukan backup terlebih dahulu karena proses ini bisa menghapus seluruh files di iPad kamu.

Referensi:

1. https://www.tomsguide.com/us/how-to-downgrade-ios,review-6519.html
2. https://www.imore.com/how-to-downgrade-ios
3. https://support.apple.com/

tutorial cover

Cek FUP Indihome

Cek FUP Indihome – Pernah mengalami jaringan lambat saat menggunakan jaringan internet Indihome?

Mungkin penyebabnya adalah karena Indihome sudah mulai menerapkan sistem FUP untuk para pelanggannya.Tapi apa itu FUP? Bagaimana cara cek FUP Indihome?

Untuk kamu yang belum tahu apa itu Indihome, Indihome adalah salah satu penyedia layanan internet terbaik yang ada di Indonesia.

Dengan bentuk layanan yang berbasis fiber optik, Indihome menyediakan berbagai macam pilihan paket internet mulai dari kecepatan 10 Mbps sampai dengan 100 Mbps.

Dengan bentuk layanan yang dimilikinya, Indihome menjadi sebuah solusi untuk menyelesaikan permasalahan dengan jaringan internet yang saat ini menjelma menjadi kebutuhan primer hampir semua orang.

Ini karena hampir semua aspek kehidupan yang melingkupi hidup kita saat ini, hampir semuanya terhubung dengan jaringan internet.

Mulai dari layanan kesehatan, fasilitas ekonomi, sampai dengan pertanian dan pendataan penduduk. Internet menjadi kebutuhan primer banyak orang di zaman modern ini.

Cara Cek FUP Indihome

Setelah mengetahui jenis dan spesifikasi paket internet yang disediakan oleh Indihome, selanjutnya yang harus kamu ketahui adalah bagaimana cara mengetahui apakah kuota paket kamu masih ada atau tidak. Kamu harus tahu cara cek FUP Indihome.

Secara umum, terdapat beberapa cara cek FUP Indihome yang bisa kamu lakukan baik secara online maupun offline.

Cara-cara ini sangat mudah dilakukan dan yang harus kamu siapkan hanya Nama dan Nomor Internet Indihome saja. Berikut cara cek FUP Indihome yang bisa kamu lakukan:

Cek Melalui Fanspage Facebook

Cek FUP Indiehome Melalui Fanspage Facebook

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk cek FUP Indihome adalah dengan mengunjungi fanspage Indihome di media sosial Facebook.

Fanspage ini adalah salah satu tempat dimana Indihome sebagai penyedia layanan memberikan informasi terbaru soal layanan terbaru yang dimilikinya.

Dan cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapat informasi tentang FUP adalah dengan kirim pesan lewat layanan chat.

Call Center 147

Cara selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui jumlah kuota Indihome yang tersisa adalah melalui Call Center 147 via saluran telepon yang merupakan cara cek FUP Indihome tanpa login.

Cara menghubunginya adalah dengan menelpon di nomor Kode Area Anda + 147.

Disini nantinya kamu bisa terhubung dengan Call Center dengan cepat sehingga bisa bertanya langsung perihal FUP ataupun mengeluhkan permasalahan yang ditemui.

Walaupun cara ini terhitung cepat namun untuk menghubungi 147 tidaklah gratis karena kamu akan dikenakan biaya telepon yang dipotong dari pulsa.

Aplikasi MyIndiHome

Cek FUP Aplikasi MyIndiHome

Dengan adanya smartphone berbasis Android dan IOS semuanya kini menjadi lebih mudah untuk dilakukan termasuk untuk melakukan pengecekan kuota Indihome yang tersisa.

Caranya pun sangat mudah karena kamu hanya perlu masuk ke Playstore untuk Android atau ke App Store untuk IOS dan download aplikasi My Indihome.

Dengan mendownload aplikasi ini kamu akan mendapatkan banyak kemudahan seperti kemudahan pengecekan kuota, pembayaran tagihan, mengecek ketersediaan layanan Indihome di wilayah tertentu, sampai dengan mendaftarkan diri untuk berlangganan Indihome.

Melalui Website Resmi

Melalui Website Resmi Indiehome

Jika kamu merasa mendownload aplikasi My IndiHome di smartphone iu cukup merepotkan, maka cara cek FUP Indihome Online selanjutnya adalah dengan mengunjungi website resmi Indihome di Indihome.co.id. Dengan cara yang cukup mudah:

  • Masuk ke menu my IndiHome yang ada di bagian kanan atas
  • Pilih menu Masuk
  • Masukkan alamat email yang terdaftar sebagai pelanggan Indihome
  • Pilih menu Nama Akun pada bagian kanan atas dan pilih Status Langganan
  • Tunggu rincian pemakaian data terlihat

Mengunjungi Kantor Indihome

Cara cek FUP Indihome yang terakhir adalah dengan mengunjungi langsung kantor Indihome di Telkom Plasa terdekat.

Cara ini mungkin adalah cara terakhir yang bisa kamu coba jika keempat cara diatas tidak bisa kamu terapkapkan.

Walaupun menyita waktu dan energi, tapi berkunjung ke Plasa Telkom terdekat lebih berkesan karena kamu akan bertemu langsung dengan customer service Indihome sehingga jika memiliki keluhan tentang layanan Indihome bisa kamu ceritakan disini dan mendapatkan jawaban yang lebih detail dan jelas.

Keunggulan Indihome

Sebagai penyedia layanan internet terbaik yang ada di Indonesia, ada beberapa keunggulan Indihome yang membuatnya menjadi pilihan terbaik untuk memenuhi kebutuhan internet kamu. Keunggulan tersebut adalah:

Memiliki paket layanan yang beragam

Keunggulan Indihome yang pertama adalah mereka menyediakan pilihan paket layanan yang beragam mulai dari paket Dual Play yang dimulai dari harga Rp 340 ribuan, Paket Triple Play Premium yang dimulai dari harga Rp700 ribuan, dan paket Triple Play Deluxe yang memiliki harga dibawah dua paket sebelumnya.

Tayangan Tanpa Jeda

Paket yang disediakan oleh Indihome bukanlah paket untuk layanan internet semata karena paket tersebut juga menyediakan layanan UseeTV yang menayangkan tayangan favorit kamu di TV Nasional maupun Internasional.

Tidak hanya itu, pada paket internet tertentu dari Indihome kamu juga akan menikmati layanan Karaoke on Demand dan Video Recorder dengan resolusi yang tinggi sehingga memiliki tampilan yang lebih jernih.

Antivirus

Indihome melengkapi layanannya dengan Trend Micro Security System yang akan membuat pelanggannya aman dari segala ancaman seperti serangan dari virus digital.

Seperti kita tahu, untuk menikmati kemudahan akses dalam berselancar didunia maya, terkadang kita harus Sign In atau Sign Out dengan cara memasukkan data pribadi kesana.

Sebenarnya data yang kita berikan itu sangat rentan kejahatan dan Indihome dapat menangkal kejahatan itu dengan fasilitasnya.

Jaringan Yang Cepat Dan Stabil

Dengan jaringan fiber optic, Indihome berani memberikan jaminan jaringan internet yang cepat dan stabil kepada pelanggannya meskipun dalam cuaca yang ekstrem sekalipun.

Kemudahan Dalam Membayar

Keunggulan dari Indihome yang terakhir adalah kemudahan untuk pembayaran layanan sehingga kamu bisa memberikan pembayaran dimana saja dan kapan saja.

Kekurangan Indihome

Tidak jauh berbeda dengan penyedia jaringan internet lainnya, Indihome juga memiliki beberapa kekurangan yang banyak menyita perhatian para pelanggannya. Beberapa kekurangan tersebut adalah:

Jaringan Yang Terbatas

Untuk menikmati jaringan internet dari Indihome ternyata kita harus berada di tengah kota.

Jika kamu berada di pinggir kota atau jauh dari keramaian kota kemungkinan besar kamu tidak akan mendapatkan layanan internet Indihome karena jaringan yang belum tersedia.

FUP (Fair Usage Policy)

Ini adalah salah satu layanan terbaru dari Indihome yang belum lama diterapkan.

Layanan ini memberikan batasan layanan internet kepada penggunanya sehingga jika batas ini sudah tercapai, pengguna akan mengalami pengurangan kecepatan internet.

Apa Itu FUP

Seperti sudah disinggung di awal, FUP atau Fair Usage Policy adalah salah satu bentuk layanan dari Indihome yang memberikan batasan kecepatan penggunaan layanan internet kepada pelanggannya.

Walaupun seperti itu, pembatasan yang dilakukan masih tergolong wajar.
Karena Indihome menyediakan cukup banyak paket internet, maka layanan FUP yang diberlakukan juga berbeda-beda tergantung paket yang diambil oleh pengguna.

Sampai saat ini terdapat dua jenis FUP, yaitu FUP 1 dan FUP 2. Jika pengguna mencapai batas pemakaian pada FUP 1 maka jaringan internet akan diturunkan menjadi 75%.

Dan jika penggunaan selanjutnya mencapai batas pemakaian pada FUP 2 maka jaringan internet akan diturunkan lagi 40%.

Batas FUP ini tidak sama antara satu paket internet dengan paket internet yang lainnya.

Walaupun mendapatkan pembatasan pemakaian berupa penurunan kecepatan, kamu tidak perlu khawatir jaringan internet menjadi lemot saat penggunaannya.

Jenis-Jenis FUP Indihome

FUP 10 Mbps

FUP 10 Mbps

Paket internet 10 Mbps ini adalah paket termurah yang disediakan oleh Indihome dengan biaya berlangganannya hanya sekitar Rp200 ribuan untuk biaya langganan internetnya saja.

Jika kamu berlangganan paket 10 Mbps ini, kamu akan mendapatkan kuota internet sebesar 300GB.

Apabila kuota yang kamu gunakan lebih dari 300 GB maka kecepatan internet akan menurun secara otomatis menjadi 7,5 Mbps.

Dan jika penggunaan selanjutnya melebihi 400 GB maka kecepatan internet selanjutnya akan dikurangi lagi secara otomatis menjadi 4 Mbps.

FUP 20 Mbps

FUP 20 Mbps

Jika dirasa pake 10 Mbps kurang cepat, mungkin kamu harus coba paket internet 20 Mbps ini.

Jika kamu mengambil paket ini, kamu akan mendapatkan kuota 500 GB untuk satu bulan.

Paket ini sangat cocok untuk kamu yang sering download dan streaming dengan biaya berlangganan yang masih terjangkau.

FUP ini berlaku manakala penggunaan internet kamu melebihi 500 GB sehingga kecepatan internet akan dikurangi secara otomatis menjadi 15 Mbps.

Dan jika penggunaan melebihi batas 800 GB maka kecepatan akan berkurang lagi secara otomatis menjadi 8 Mbps.

FUP 30 Mbps

FUP 30 Mbps

Paket internet yang cocok jika kamu ingin membuka warnet adalah paket internet 30 Mbps ini.

Dengan paket ini, tentu saja kamu akan mendapatkan jaminan internet yang cepat, stabil, juga dengan kuota yang cukup besar mencapai 700 GB.

Jika pemakaian melebihi 700 GB maka kecepatan internet akan dikurangi menjadi 22,5 Mbps atau penurunan sekitar 75%.

Dan jika kuota yang terpakai menyentuh 1200 GB, kecepatan internet akan menurun lagi mencapai 12 Mbps.

FUP 40 Mbps

FUP 40 Mbps

Selain cocok untuk usaha kecil seperti warnet, paket internet 40 Mbps dari Indihome ini juga menjadi referensi paket internet untuk usaha bahkan perusahaan menengah kebawah.

Karena selain memberikan kuota yang berlimpah dan cepat, jaringan juga lebih stabil.

Paket Kecepatan 40 Mbps memiliki kuota sebesar 900 GB yang apabila pemakaian sudah melebihi dari kuota maka kecepatan akan diturunkan menjadi 30 Mbps.

Dan jika kuota mencapai 1600 Mbps maka kecepatan akan kembali dikurangi menjadi sekitar 16 Mbps atau sekitar 16% dari kuota awal.

FUP 50 Mbps

FUP 50 Mbps

Paket internet selanjutnya yang bisa dijadikan referensi untuk usaha adalah paket internet 50 Mbps.

Paket ini sangat cocok untuk perusahaan-perusahaan yang mengandalkan jaringan internet untuk mendapatkan keuntungan karena kecepatan dan jumlah kuotanya yang banyak.

Jumlah kuota yang akan kamu dapatkan dari paket internet 50 Mbps ini adalah sebesar 1200 GB yang jika penggunaan melebihi kuota maka kecepatan akan dikurangi menjadi 37,5 Mbps.

Apabila penggunaan terus bertambah dan mencapai 2000 GB maka selanjutnya kecepatan berkurang menjadi 20 Mbps.

Walaupun mendapatkan jaminan kecepatan dan kuota yang berlimpah, harga paket internet 50 Mbps ini cukup mahal.

Walaupun paket yang diambil hanya Internet Only biasanya harga mencapai Rp 780 ribu/bulannya.

FUP 100 MBPS

FUP 100 MBPS

Paket internet yang paling mahal yang disediakan oleh Indihome adalah paket internet kecepatan 100 Mbps.

Biasanya yang menggunakan paket internet ini adalah perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan internet untuk membantu kerja karyawan dalam melakukan pekerjaannya dalam kirim data atau yang lainnya.

Jika kamu mendaftarkan diri ikut paket kecepatan 100 Mbps ini kamu akan mendapatkan kuota internet mencapai 2000 GB atau 2 Terabyte.

Yang jika penggunaan melebihi kuota maka kecepatan akan dikurangi menjadi 50 Mbps.

Itulah cara cek FUP Indihome beserta apa saja keunggulan dan kelemahan Indihome yang mungkin belum kamu ketahui. Semoga bermanfaat.

tutorial cover

Cara Main Game Android di PC + Emulatornya

Cara Main Game Android di PCSudah sejak lama terjadi perdebatan mengenai mana yang lebih menarik antara game via desktop atau laptop dengan bermain game menggunakan perangkat mobile atau smartphone.

Tentunya tidak akan ada habisnya dan juga jawaban pasti mengenai hal tersebut karena semuanya akan kembali ke selera masing-masing gamer.

Akan ada yang mengatakan bahwa bermain game di PC lebih menarik dan ada pula yang beranggapan bahwa memainkan game via smartphone sangat menantang dan sebagainya.

Dan apabila membandingkannya bukan dari tingkat menarik dan populernya, melainkan dari sisi hardware yang dimiliki setiap perangkat, maka dapat dikatakan smartphone masih belum menjangkau kehebatan dari perangkat-perangkat PC atau laptop.

Namun secara jelas, kedua perangkat tersebut memiliki spesifikasi berbeda yang mana hal tersebut berpengaruh pada kualitas dari game yang dimainkan.

Walaupun dikatakan untuk masalah jeroan dari perangkat desktop lebih bagus dibandingkan dengan smartphone, namun kini sudah banyak game-game untuk mobile yang memiliki grafis menarik dan juga gameplay memukau.

Dikarenakan hal itu, tidak jarang yang merasa kecewa ketika mendapati ada game bagus untuk mobile akan tetapi tidak terdapat versi desktop-nya.

Mengatasi masalah tersebut, sekarang ini sudah cukup banyak software-software khusus yang dapat membuat game-game mobile tersebut dapat dimainkan di PC atau laptop.

Berikut ini beberapa daftar rekomendasi emulator untuk supaya bisa menjalankan game Android di PC.

Emulator Android untuk PC

ARChon Runtime

Emulator Android

Website: archon-runtime.github.io

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar

ARChon Runtime sendiri bukan merupakan software lepas yang dapat diinstal seperti halnya perangkat lunak pada umumnya, melainkan sebagai ekstension yang dapat dipasang di peramban Chrome. ARChon ini dapat dijalankan di PC berbasis Windows maupun Linux.

Cara menggunakannya adalah pertama-tama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh ARChon Runtime terlebih dahulu dari situs resminya dan kemudian membuka filenya yang ada di dalam Zip/Rar.

Sebelum menginstalnya, file tersebut harus dinamai ulang dengan nama lain karena pada saat penginstalan, Chrome tidak mengoperasikannya seperti halnya ekstensi pada umumnya, melainkan langsung mengakses di direktori dimana file tersebut berada.

Setelah melakukan unzip atau unrar, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah membuka Chrome dan tuliskan pada search barnya, chrome://extension, dan kemudian aktifkan (enable) Developer Mode.

Langkah selanjutnya adalah load ARChon Runtime dan kemudian thumbnail runtime ini akan muncul di deretan ekstensi lainnya.

Usai langkah-langkah di atas, maka ARChon Runtime sudah dapat digunakan untuk mengoperasikan aplikasi atau game Android di PC.

GameLoop

GameLoop

Website: gameloop.fun

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar

Satu lagi emulator untuk Android yang dapat kamu gunakan adalah GameLoop atau dulunya dinamakan Tencent Gaming Buddy.

Tentu saja seperti namanya terdahulu, yaitu Tencent, GameLoop ini diciptakan oleh developer asal Cina.

Hanya saja, emulator satu ini tidak dapat digunakan untuk semua jenis game mobile Android, melainkan yang dirilis oleh Tencent Developer saja.

Untuk aplikasi atau game lain yang kompatibel memang tersedia, namun tidak terlalu banyak.

Ada beberapa game yang support dan dapat dimainkan dengan menggunakan GameLoop, seperti:

  • Call of Duty: Mobile
  • PUBG Mobile
  • Garena Free Fire
  • Arena of Valor
  • Cyber Hunter
  • Fortnight
  • Soul Knight
  • Apex Legends
  • League of Legends
  • Dota 2
  • Brawl Stars
  • Lord Mobile
  • AFK Arena
  • World of Warcraft
  • Marvel: Future Fight
  • Saint Seiya Awakening: Knights of the Zodiac
  • Black Desert Mobile
  • Ragnarok M
  • Avakin Life
  • Candy Crush Saga
  • Minecraft
  • Pokemon Go
  • May Talking Tom
  • Clash Royale
  • Clash of Clans
  • Chess Rush
  • Rise of Kingdoms
  • Subway Surfers
  • Epic Race 3D
  • Portal 2
  • Roblox
  • Dll

Salah satu hal yang unik dari GameLoop ini adalah perangkat PC yang kamu gunakan tidak harus yang memiliki spesifikasi gahar.

Bahkan jika PC kamu memiliki RAM dibawah 4GB ataupun kartu grafis dibawah 512MB, tetap saja kamu dapat menggunakannya dan memainkan game-game mobile via PC.

Langkah pertama penginstalan GameLoop yaitu tentu saja kamu harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Setelah itu, kamu dapat langsung menginstalnya di PC. Ketika proses penginstalan usai, kamu hanya perlu menekan tombol Start dan akan langsung muncul tampilan utama dari GameLoop yang berisikan banyak daftar game yang dapat dimainkan dan selesai.

MEmu Play 7

MEmu Play 7

Website: memuplay.com

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar

MEmu Play 7 merupakan emulator untuk Android yang dapat dipasang atau diinstal di perangkat PC.

Dan tentu saja, dengan menggunakan MEmu Play 7, ada banyak aplikasi maupun game yang tersedia di perangkat mobile untuk dapat dimainkan di perangkat PC atau laptop.

Bahkan setelah penginstalan selesai dilakukan, pengaturan konfigurasi dan apapun yang ada di dalamnya dapat dilakukan dengan cepat dan mudah.

Untuk penginstalannya, setelah kamu mengunduh MEmu Play 7 di website resminya, maka prosesnya sama seperti menginstal software lain pada umumnya.

Setelah MEmu Play 7 terinstal, kamu harus memasukkan atau mengintegrasikan email Google yang kamu miliki agar dapat mengunduh, menginstal dan menggunakan aplikasi atau game yang ada di Google Play Store.

Ketika semua langkah selesai dilakukan, maka kamu hanya perlu mengakses Google Play Store dan memilih aplikasi atau game mana yang diinginkan.

BlueStacks App Player

BlueStacks App Player

Website: bluestacks.com

Harga: Bebas digunakan atau tidak berbayar, untuk yang premium biayanya sebesar USD24

Pada dasarnya, BlueStacks App Player memiliki kesamaan dengan MEmu Play 7. Bahkan dari user interfacenya saja, kurang lebih memiliki kemiripan.

Di antara semua emulator untuk Android, dapat dikatakan untuk sementara ini, BlueStacks App Player masih berada di urutan pertama dan menjadi yang terbaik.

Hanya saja, sisi minus dari BlueStacks App Player ini adalah waktu penginstalan yang cukup lama, ukuran besar dan juga terdapatnya iklan.

Keunggulan BlueStacks App Player dibandingkan emulator lain adalah dengan menggunakan software ini, kamu dapat memakai banyak account yang berbeda-beda.

Selain itu, hampir semua aplikasi atau game Android support dengan emulator satu ini.

Dan untuk pengoperasiannya masih sama seperti MEmu Play 7, yaitu kamu hanya perlu mengunduhnya dari website resmi kemudian menginstalnya di perangkat PC.

Setelah itu, kamu perlu menghubungkan atau memasukkan akun Gmail yang dimiliki.

Ketika sudah terhubung, maka kamu dapat memilih aplikasi atau game yang ada di Google Play Store dan kemudian menginstalnya.

Game Populer di Android dan Cara Memainkannya di PC

PlayerUnknown Battlegrounds Mobile (PUBG Mobile)

PUBG Mobile

Tentunya bagi pecinta game, permainan mobile satu ini sudah tidak asing lagi di telinga.

Ya, PlayerUnknown Battlegrounds Mobile atau biasa disebut dengan PUBG Mobile atau juga terkadang dipersingkat dengan istilah ‘pubji’ ini memang sangat populer di kalangan remaja sampai dengan orang dewasa.

Hal tersebut dikarenakan banyaknya fitur-fitur menarik di dalamnya. Tidak hanya itu saja, pemain juga disuguhkan pengalaman yang realistis sehingga seakan benar-benar berada di dalam arena pertempuran.

Selain itu, grafis yang ditawarkan pun cukup bagus. Sayangnya, seperti namanya, PUBG Mobile ini tersedia untuk dimainkan dengan menggunakan perangkat smartphone saja.

Hal tersebut membuat banyak orang, khususnya para pecinta game kecewa karena tidak dapat memainkannya di PC mereka.

Namun bukan berarti kamu benar-benar tidak dapat memainkan game ini di perangkat PC atau laptop, karena dengan menggunakan emulator Android, game apapun dapat dimainkan dengan mudah di komputer.

Nah, berikut ini adalah beberapa langkah untuk memainkan PUBG Mobile di perangkat desktop yang kamu miliki.

  1. Pertama-tama, tentu saja kamu harus mengunduh emulator Android yang banyak tersedia di internet.Akan tetapi disarankan untuk mengunduhnya di website resmi sang developer atau bukan di sembarang website.
  2. Setelah itu, instal emulator tersebut dan masukkan akun Gmail yang kamu miliki untuk dapat mengunduh PUBG Mobile di Google Play Store atau di Tencent Gaming Buddy. Perlu diingat bahwa proses pengunduhan game tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama dan akan semakin lama ketika koneksi internet yang kamu miliki cukup lambat.
  3. Setelah terunduh, maka Start dan masuk atau login menggunakan akun Twitter atau Facebook kamu.
  4. Bagi pemilik perangkat dengan spesifikasi rendah, kamu tidak perlu khawatir karena secara otomatis game akan menyesuaikan spesifikasi dan grafis perangkat. Namun apabila kamu ingin mengatur secara manual, maka kamu dapat mengakses Setting di pojok atas (3 icon garis). Setelah masuk Setting Center, kamu langsung saja klik Engine dan Game. Di kedua tempat tersebut, kamu dapat menyesuaikan spesifikasi perangkat dengan game yang ingin dimainkan.
  5. Setelah semua dilalui, maka langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memilih karakter yang ingin kamu mainkan. kamu dapat secara bebas memilih gender sampai dengan karakter fisik yang dimiliki, mulai dari rambut, bentuk wajah sampai dengan kulit. Untuk tombol-tombol pengoperasian terletak di sebelah kiri dan untuk arah, kamu dapat menggunakan tombol A, W, D dan S. Cara melihat tombol-tombol control, kamu dapat menekan Ctrl+1 di keyboard.

Asphalt 9: Legends

Asphalt 9

Asphalt 9: Legends merupakan game paling baru yang dirilis oleh Gameloft walaupun sebenarnya game mobile satu ini kali pertama diluncurkan perdana di tahun 2018 lalu.

Asphalt 9: Legends adalah penerus dan penyempurna Asphalt 8: Airbone dengan penambahan banyak game mode, fitur-fitur menarik sampai dengan pola pengoperasian yang lebih mudah.

Tidak hanya itu saja, Gameloft juga menambahkan banyak mobil-mobil dengan kecepatan super atau dikenal dengan istilah hypercar, seperti Ferrari, Chevrolet, Porsche, Lamborghini, BMW, Pagiani dan banyak lagi.

Berikut ini adalah beberapa langkah untuk memainkan Asphalt 9: Legends di PC.

  1. Seperti halnya proses memainkan PUBG Mobile di PC, pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengunduh emulator.
  2. Apabila sudah memiliki emulator, maka langkah selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah mengakses Google Play Store dan kemudian pergilah ke App Center. Di App Center, kamu hanya perlu menuliskan Asphalt 9: Legends di bar pencariannya.
  3. Setelah itu unduh game yang dimaksud dan kamu dapat mulai memainkannya.
  4. Selain menggunakan keyboard dan tombol A, W,S dan D sebagai arah, kamu juga dapat menggunakan joystick sebagai pengontrol kendaraan dan memainkan setiap mobile di Asphalt 9: Legends tersebut.

Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends

Apabila PlayerUnknown’s Battlegrounds Mobile merupakan game dengan genre Battle Royale dan Asphalt 9: Legends adalah game bergenre balapan, Mobile Legends: Bang Bang adalah game Moba yang cukup terkenal beberapa tahun belakangan ini.

Game satu ini membutuhkan strategi dan kerja sama tim agar dapat memenangkan setiap pertempuran.

Mobile Legends: Bang Bang sejatinya memang hanya diciptakan di perangkat mobile saja, namun bagi kamu yang ingin memainkannya menggunakan perangkat PC, maka dapat memakai emulator Android sebagai medianya.

Emulator yang dapat digunakan cukup beragam dan salah satunya adalah BlueStack App Player.

Dengan menggunakan BlueStack, maka PC yang kamu miliki seakan berubah peran menjadi sebuah perangkat mobile dalam ukuran besar.

Berikut ini adalah step-step untuk memainkan Mobile Legends: Bang Bang di PC.

  1. Seperti dua game di atas, proses awalnya adalah dengan mengunduh emulator Android dan kemudian mengakses akun Google yang kamu miliki untuk dapat masuk ke Google Play Store.
  2. Di dalam Google Play Store, kamu hanya perlu mencari Mobile Legends: Bang Bang melalui bar pencariannya.
  3. Setelah ditemukan, maka kamu dapat langsung mengunduh dan menginstalnya. Hal penting yang perlu diingat sebelum melakukan semua proses pengunduhan dan penginstalan tersebut adalah spesifikasi komputer yang kompatibel dengan game ini adalah minimal menggunakan operating system mulai dari Windows 7. Sedangkan prosesor yang dibutuhkan adalah yang sudah di atas Dual-core atau AMD tingkat atas. Kartu grafis dan RAM juga ROM yang dibutuhkan harus besar. Dan satu hal lagi yang tak kalah penting adalah koneksi internet yang stabil.
  4. Langkah pertama yang harus kamu lakukan setelah penginstalan game selesai adalah membuka menu Simulate Touch untuk dapat mengetahui kombinasi tombol yang dapat digunakan untuk mengontrol karakter. Selain menggunakan Simulate Touch, kamu juga dapat menekan tombol Ctrl+1. Setelah semua selesai dilakukan, maka kamu dapat mulai bermain Mobile Legends: Bang Bang bersama teman atau rekan.

World War Heroes

World War Heroes

Bagi kamu pecinta game-game bertemakan peperangan atau juga yang bergenre first person shooter (FPS), maka World War Heroes adalah salah satu game Android yang patut dicoba.

Untuk memainkannya di perangkat PC, masih sama prosesnya seperti game-game di atas.

  1. Pertama-tama, kamu harus mengunduh emulator untuk Android dan kemudian menginstalnya.
  2. Kemudian masuk ke Google Play Store menggunakan akun Google atau Gmail yang kamu miliki.
  3. Setelah itu mencari World War Heroes di search bar di Google Play Store, mengunduh dan kemudian menginstalnya. Dikarenakan grafis pada World War Heroes cukup bagus dan halus, tentu saja membutuhkan spesifikasi perangkat PC yang tinggi. Operating system yang kompatibel dengan World War Heroes adalah minimal Windows 7 atau juga menggunakan OS X ke atas untuk PC berbasis Apple Mac.

Game satu ini juga sangat menarik karena terdapat berbagai mode pertempuran yang dapat dimainkan, mulai dari Team Squad, Bomb Mode, Team Deathmatch sampai dengan All vs All atau Death Match.

Untuk memainkannya, selain dapat menggunakan kontrol tombol di keyboard dan juga memakai mouse, kamu juga dapat menggunakan joystick untuk lebih memudahkan pengoperasian karakter yang dimainkan.

Selain 4 game di atas, masih banyak lagi game-game menarik di Android yang dapat kamu unduh dan mainkan menggunakan emulator Android.

So, tunggu apalagi, segera unduh emulatornya dan mainkan gamenya di perangkat PC yang kamu punya.